Senin 04 Jul 2016 09:02 WIB

Mudik ke Gresik? Kota Ini Miliki Surga Wisata Tersembunyi

Pulau Bawean
Foto: Google
Pulau Bawean

REPUBLIKA.CO.ID, GRESIK -- Gresik yang dikenal sebagai Kota Industri ternyata memiliki sejumlah surga wisata yang tersembunyi. Beberapa pulau yang ada di kabupaten ini menyimpan keindahan yang seakan menunggu untuk dinikmati. Terutama di Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tahun 2016.

‘’Anda sudah pernah singgah ke Pulau Bawean? Di sana ada pantai pasir putih, ada gua, ada juga air terjun dan danau. Jadi jangan pernah Anda pikir Gresik itu hanya dipenuhi pabrik petrokimia dan semen saja. Bagi Anda yang mudik ke Gresik, silahkan berwisata. Banyak dan keren-keren kok,’’ jelas Menteri Pariwisata Arief yahya. 

Menurut dia, Gresik bukan hanya wisata alam, Gresik juga menjadi tujuan para pelancong dari berbagai daerah karena di sini terdapat beberapa makam para wali. ”Wisata religinya juga sangat kental, cocok dijalani saat libur hari raya, banyak makam-makam Sunan yang sangat bersejarah,” kata dia.

So, bagi para perantau yang pulang kampung halaman, #PesonaLebaranGresik #PesonaLebaran #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia

Pulau Bawean

Pulau yang letaknya 80 mil atau 120 km dari Gresik ini ternyata menyimpan sejuta eksotisme pariwisata di dalamnya. Ada sejumlah pantai berpasir putih di sekeliling pulau, wisata pemandian air panas, air terjun, Danau Kastoba, sampai Pulau Noko.

Uniknya, anda bisa menyebrang ke Pulau Noko dengan berjalan kaki bila laut sedang surut. Anda bakal merasakan sensasi berjalan di atas laut.

Air Terjun Laccar

Masih di Pulau Bawean yang menjadi wilayah wisata kebanggaan Gresik, ada pula satu spot obyek wisata yang bisa dibilang masih sangat alami bernama air terjun Laccar. Air terjun ini memiliki aliran yang jernih, mata air nan dingin, dan tentu saja suasana alam yang masih sangat asri. Tapi untuk menikmati keindahannya anda perlua berusaha sedikit keras, karena Anda diharuskan untuk menyusuri jalan setapak dan sungai berbatu di Pulau Bawean.

Pulau Gili

Pulau Gili merupakan pulau kecil yang letaknya hanya sekitar 2,3 kilometer dari Pulau Bawean. Selain menikmati pasir putih, pulau ini juga manjadi tempat yang tepat untuk menikmati sunrise sekaligus sunset.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement