Senin 04 Jul 2016 08:22 WIB

Sensasi Kuliner Palembang Turun-temurun Sejak Abad ke-7

Pempek Palembang
Foto: Permatajaya.wordpress.com
Pempek Palembang

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG --  Palembang adalah salah satu kota tua yang kaya sejarah akan kejayaan Nusantara. Setidaknya menurut prasasti Sriwijaya tertanggal 16 Juni 682, Palembang sudah  berumur 1382 tahun. Terbayang oleh kita betapa peninggalan kuliner Palembang mempunyai daya tarik sejarah dan budaya yang amat mendalam.

Dari situ, setiap kita menikmati makanan khas dan cara pengolahannya maka kita telah mendapatkan sebagian pengalaman wisata gastronomi. "Berkunjung ke pasar, melihat produk lokal yang digunakan dalam makanan khas tersebut menjadikan pengalaman gastronomi kita terasa lengkap," kata Vita Datau, Ketua Akademi Gastronomi Indonesia (AGI) di Jakarta.

Jembatan Ampera yang dibangun tahun 1960 itu, menurut Vita, menjadi objek background foto yang keren. Tidak harus jauh-jauh terbang 22 jam ke San Fransisco, California, USA di sana. Mencintai negeri dan mengaggumi PESONA KULINER INDONESIA, baginya lebih bermakna dan menjadi salah satu tanda cinta kita sebagai bangsa berbudaya.

"Itulah sebabnya kali ini saya merekomendasikan Palembang sebagai salah satu kota tujuan jelajah kuliner di musim liburan Lebaran 1437 Hijriah ini. Silahkan simak makan apa saja ya saya kalau di Palembang," ungkap Vita.

Menpar Arief Yahya yang dipercaya Presiden Jokowi memimpin Kementerian Pariwisata itu sependapat dengan Vita Datau. Ada 10 destinasi kuliner yang boleh dicoba, sebagai bagian dari #PesonaKulinerPelembang #PesonaLebaranPalembang #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #PesonaLebaran.

Pempek Saga Sudi Mampir

Terletak di pusat wisata Benteng Kuto Besak, tepat di pusat kota depan kantor walikota Palembang. Menu jagoannya adalah Pempek Bakar. Walaupun banyak pilihan dari telur, lenjeran, kulit ikan dan banyak lagi tetepi kesukaan saya adalah Lenggang Bakar. Dibakar di mangkok daun pisang, membuat aromanya menguji kesabaran kita untuk segera mencicipi Pempek juara ini. Silahkan datang ke Jl. Merdeka, bisa dikontak dulu dengan no telp 0711 -314417

Pempek Vico

Seperti tempat pempek lainnya, tempat ini paling sering dikunjungi sebagai tempat oleh-oleh yang populer. Selain rasanya yang lezat, bumbunya berwarna coklat pekat dengan rasa asam, manis  yang seimbang. Disini pun dijual aneka kerupuk Ikan berbagai bentuk yang juga menjadi khas Palembang. Bagi wisatawan yang akan menjadikan Pempek ini sebagai oleh-oleh; Vico di Jalan Jendral Sudirman no 149/8 juga bisa menjadi pilihan. Telp 0711 363222

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement