Ahad 03 Jul 2016 11:23 WIB

Mudik ke Wonosobo? Jangan Lewatkan 10 Destinasi Wisata Ini

  Melihat salah satu objek wisata terkenal di Dieng, Telaga Warna.  (foto : Wisnu Aji Prasetiyo)
Melihat salah satu objek wisata terkenal di Dieng, Telaga Warna. (foto : Wisnu Aji Prasetiyo)

REPUBLIKA.CO.ID, WONOSOBO – Kota Wonosobo alamnya indah luar biasa. Menuju ke sana saja sudah bisa menyaksikan keindahan di samping kiri dan kanan. Ada Gunung Sindoro-Sumbing, ada Merapi-Merbabu semuanya kelihatan begitu jelas dan menghembuskan kesejukan udara yang membuat perut cepat lapar.

“Kalaupun Anda berada di Jogja atau Semarang, sekali waktu boleh berwisata ke Wonosobo di kaki Dieng,” promo Menpar Arief Yahya, di Jakarta.

Wonosobo memiliki destinasi alam, budaya, dan kuliner yang kuat. Ada Dieng, Telaga Warna, Bukit Sikunir, Kawah Sikidang, Candi Dieng, minuman purwoceng, sejumlah air terjun, Telaga Menjer, dan lainnya. Mereka juga punya Kebun Teh Tambi, yang sekarang mulai dikembangkan sebagai destinasi outbond yang layak Anda kunjungi bersama keluarga. “Silakan ke Wonosobo, silakan ke Dieng, dan berbagai lokasi menarik lainnya,” ungkapnya.

Pastikan Anda bawa baju tebal, untuk menyaksikan #PesonaLebaranWonosobo #PesonaKulinerWonosobo #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #PesonaWonosobo. Ini dia, 10 destinasi Wonosobo yang menantang Anda!

Telaga Warna

Telaga warna adalah salah satu landmark dari wisata Dieng Wonosobo. Nama Telaga Warna diambil karena telaga ini memiliki warna yang berbeda-beda. Menurut legenda warga sekitar, warna yang muncul di permukaan telaga tersebut karena zaman dahulu kala ada cincin milik bangsawan yang jatuh ke dalam telaga tersebut. Secara ilmiah, warna yang berbeda dari telaga tersebut karena adanya pembiasan cahaya pada endapan belerang di dasar telaga.

Dominasi warna dari telaga ini adalah hijau, biru laut dan putih kekuningan. Jika ingin melihat keindahan warna dari telaga, Anda dapat mendaki ke puncak bukit yang mengelilingi telaga tersebut. Di daerah tepian telaga, terdapat balkon yang dapat digunakan untuk duduk bersantai menikmati keindahan telaga ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement