Sabtu 02 Jul 2016 09:56 WIB

Tak Lengkap ke Wakatobi Jika Belum Kujungi 10 Titik Ini

Wakatobi terumbu karang
Wakatobi terumbu karang

REPUBLIKA.CO.ID, WAKATOBI - Mendengar kata Wakatobi, yang terlintas di benak kita mungkin hanya Wisata Bahari, diving dan snorkeling. Menpar Arief Yahya pun mengakui atraksi utama di Wakatobi adalah bahari. Keunggulan bawah laut mereka memang sangat kondusif untuk berwisata bahari. Arus bawah lautnya tak terlalu kencang, macam ragam biota lautnya sangat variatif.

“Karena keunggulan bawah laut itulah, Wakatobi menjadi incaran para divers dunia,” ungkap Arief Yahya, Menteri Pariwisata di Jakarta.

Wakatobi memiliki 3.000 spesies ikan dan 600 jenis koral dunia. Itu setara dengan 75 persen terumbu karang di dunia, berkumpul semua di Wakatobi. Red Sea yang terkenal di Eropa saja hanya memiliki 200 spesies. Karibia yang dikenal di Amerika Seikat juga hanya 70 spesies.

"Jadi saat di Wakatobi kita dapat melihat lebih lengkap keanekaragaman hayatinya,” ujar Menpar Arief Yahya.

Lebih seru lagi, daya tembus penglihatan di bawah lautnya mencapai 30 meter, airnya jernih seperti kaca. Saat hujan sekalipun, di bawah air Wakatobi tetap terang. Landscape bawah lautnya pun beragam, mulai dari datar, slope, pinnacle, sampai wall, semua ada.

Atas lautnya? Sama fantastisnya. Begitu pesawat mendekati Wakatobi, siap-siap saja menahan napas melihat pemandangan yang spektakuler dari atas. Gugusan pulau hijau, pasir putih, air laut bergradasi biru muda ke biru tua, dan atol, semua siap menyambut setiap tamu yang datang. Yang perlu dicatat, selain 39 pulau, Wakatobi juga memiliki sejumlah atol. Bahkan Karang Kaledupa di Wakatobi merupakan atol terpanjang di dunia dengan panjang 48 km.

Tetapi, pengembangan Wakatobi tidak bisa dilakukan hanya di Pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tumia, Binongko saja. Melainkan harus lebih luar, sehingga punya pilihan untuk wisatawan yang berada di sana. Bisa sampai ke Kota Bau-Bau, Buton, dan sekitar kepulauan yang jaraknya juga tidak sampai 1 jam naik kapal itu. Silakan eksplorasi di #PesonaLebaranWakatobi #PesonaKulinerWakatobi #PesonaWakatobi #WonderfulWakatobi.

Simak 10 titik yang perlu dikunjungi selama di Wakatobi..

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement