Rabu 17 Sep 2014 21:20 WIB

Kemendikbud Bangga, Pelajar TK di Australia Belajar Bahasa Indonesia

Rep: c83/ Red: Maman Sudiaman
Bahasa Indonesia di Australia
Foto: Australiaplus
Bahasa Indonesia di Australia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengaku bangga Bahasa Indonesia diajarkan pada anak-anak TK/playgroup di Australia. Pengajaran Bahasa Indonesia untuk kalangan pelajar TK di negeri Kangguru itu sedianya dilakukan pada tahun depan.

Kepala Humas Kemendikbud, Ibnu Hamad mengaku hal tersebut merupakan kabar yang menggembirakan dan membanggakan bagi Indonesia. "Ini artinya bahasa Indonesia makin diminati oleh negara asing, kita bersyukur karena Bahasa Indonesia dipertimbangkan oleh dunia." ujar Ibnu Hamad saat dihubungi Republika Rabu (17/9).

Ia menjelaskan, berdasarkan data dari kemendikbud. Bahasa Indonesia bukan hanya dipelajari oleh Australia tetapi juga negra lain. Seperti  Korea, Cina dan beberapa negara eropa.

Ia juga mengatakan, fenomena pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat TK menjadi hal yang baru dan pertama kali terjadi. Hal tersebut dikarenakan, untuk di luar negeri Bahasa Indonesia diajarkan untuk tingkat sekolah atau Universitas.

Ia menambahkan, kemendikbud siap menyediakan tenaga ahli dan bantuan teknis untuk mempermudah pemerintah Australia dalam menjadikan Bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran tingkat TK.

Tahun depan, Bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa yang akan diajarkan di playgrup atau taman kanak-kanak (TK) di Australia. Mereka juga akan diajarkan Bahasa Mandarin, Jepang, Perancis, dan bahasa Arab, dalam proyek ujicoba yang dimulai tahun 2015.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement