Selasa , 31 October 2017, 15:16 WIB

Fisioterapi Gratis dengan Kartu BPJS Kesehatan

Red: Sandy Ferdiana
Istimewa
Taufik Iskandardinata Kosasih (32 tahun), peserta BPJS Kesehatan dengan nomor kartu 0001281661097.
Taufik Iskandardinata Kosasih (32 tahun), peserta BPJS Kesehatan dengan nomor kartu 0001281661097.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh : Taufik Iskandardinata Kosasih (32 tahun)*

Sejak berganti nama dari Askes menjadi BPJS Kesehatan, saya langsung terdaftar menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Pertama kali merasakan manfaatnya menjadi peserta JKN-KIS, ketika hendak fisioterapi.

Anjuran untuk fisioterapi berawal dari keluhan yang dirasakannya. Ketika itu, saya merasakan sering pegal pundak di sebelah kiri. Saya pikir pegal biasa sehingga saat itu cukup dipijat saja. Sesekali setelah dipijat, badan merasa lebih baik. 

Setelah itu, saya kembali merasakan pegal. Dipijat pun tak kunjung membaik. Penderitaan itu saya rasakan selama tiga bulan. Bahkan, rasa pegal itu sempat menjangkit seharian. Tidak berpikir lama, saya bergegas untuk mengecek ke dokter. Esok harinya saya pun pergi ke dokter di Klinik Aviati, untuk memastikan penyebabnya.

Dokter di klinik tersebut memeriksa dan mengabarkan bahwa penyebabnya adalah urat terjepit di bagian pundak. Dokter klinik menyarankan untuk segera memeriksakan ke dokter syaraf. Saya pun dirujuk ke Rumah Sakit Imamanuel untuk ditangani lebih lanjut.

Selang beberapa hari, saya menuju dokter untuk memeriksakan dan mendiagnosa terkait gejala urat kejepit di bagian pundak. Hasil diagnosis, saya disarankan untuk fisioterapi selama sebulan. Setiap satu minggu sekali, saya melakukan fisoterapi.

Selama melakukan fisioterapi serta pengobatan di rumah sakit, tidak ada serupiahpun biaya yang dikeluarkan. Alhamdulillah semua ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Prosedur yang saya lakukan selama pengobatan sangat mudah. Begitu pun dengan fasilitas yang saya dapatkan sangat bagus.

Dengan menjadi peserta JKN-KIS, saya merasa sangat terbantu. Andai tidak menjadi peserta JKN-KIS, entah berapa biaya yang harus saya siapkan untuk biaya fisioterapi serta pengobatan di rumah sakit. Terima kasih BPJS Kesehatan telah memberikan pelayanan yang bagus dan gratis. Sayapun sekarang sudah kembali sehat dan tidak merasakan pegal-pegal lagi. Ril



*Warga Kampung Sadang, Kelurahan Margahayu Tengah, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung. Peserta BPJS Kesehatan dengan nomor kartu 0001281661097.