Kamis , 23 September 2010, 21:43 WIB

Calon Panglima TNI Jalani Uji Kelayakan DPR

Rep: Antara/ Red: Budi Raharjo
Prajurit TNI
Prajurit TNI

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Laksamana TNI Agus Suhartono menjalani uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon Panglima TNI untuk menggantikan Jenderal TNI Djoko Santoso hari ini di DPR. Uji kelayakan dan kepatutan dilaksanakan Komisi I DPR dipimpin ketuanya Mahfudz Sidiq.

Di forum tersebut, Agus Suhartono, yang kini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut, memaparkan visi misnya jika terpilih sebagai Panglima TNI. Secara umum visi misi yang disampaikan meliputi pembinaan kekuatan, pembinaan kemampuan, gelar kekuatan, dan penggunaannya dalam mendukung tugas pokok TNI.

Jika lolos uji kelayakan dan kepatutan sebagai Panglima TNI, Laksamana TNI Agus Suhartono akan dilantik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 29 September. Selanjutnya, pada 30 September Agus Suhartono akan menyerahkan tongkat komando kepemimpinan di TNI Angkatan Laut kepada penggantinya di Markas Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), Surabaya.

Sedangkan tongkat komando Panglima TNI, baru akan diterima Laksamana TNI Agus Suhartono dari Jenderal TNI Djoko Santoso pada 2 Oktober. Setelah diadakan uji kelayakan dan kepatutan, Komisi I DPR akan mengadakan rapat internal untuk memutuskan apakah calon itu layak sebagai Panglima TNI atau tidak.