Kamis , 25 Juli 2013, 06:25 WIB

KPK Raih Ramon Magsaysay Award

Rep: bilal ramadhan/ Red: Taufik Rachman
Republika/Adhi Wicaksono
 >>>> Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad (kanan) bersama pimpinan KPK Busyro Muqoddas (kiri) dan Adnan Pandu Praja (tengah) mengikuti sidang terbuka Komite Etik di gedung KPK, Jakarta, Rabu (3/4).
>>>> Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad (kanan) bersama pimpinan KPK Busyro Muqoddas (kiri) dan Adnan Pandu Praja (tengah) mengikuti sidang terbuka Komite Etik di gedung KPK, Jakarta, Rabu (3/4).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meraih penghargaan Ramon Magsaysay Award pada tahun ini. Dengan meraih penghargaan tersebut, KPK menjadi lembaga atau institusi pertama di Indonesia yang mendapatkan penghargaan ini.

Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi penghargaan ini. "Ini adalah award pertama bagi lembaga negara di Indonesia yang bergerak di bidang penegakan hukum yang diberikan award prestisius," kata tokoh yang kerap disapa BW ini dalam pesan singkat kepada para wartawan, Rabu (24/7) malam.

Menurutnya penghargaan ini bukan hanya untuk jajaran KPK dari awal KPK berdiri, tetapi juga penghargaan terhadap jerih payah masyarakat, LSM penggiat anti korupsi dan juga media massa  dalam memerangi korupsi bersama KPK. Penghargaan ini merupakan penilaian pihak Ramon Magsaysay dalam melihat kinerja sejak awal berdiri KPK sampai kini.

Penghargaan ini oleh KPK, lanjutnya, harus menjadikan pemicu untuk bekerja lebih keras dan tak kenal menyerah dalam memberantas korupsi yang tidak mudah dan tidak singkat. Penghargaan ini pula, akan dijadikan pengingat supaya kerja KPK senantiasa berada pada rel yang benar dan bisa memenuhi harapan masyarakat yang pada akhirnya bisa berkontribusi bagi sebuah Indonesia yang lebih baik.

"Semoga penghargaan ini terus menumbuhkan optimisme membangun Indonesia yang lebih baik di tengah kecemasan masa depan kita," tegas mantan Ketua YLBHI ini.

Sebelumnya Indonesia telah mendapatkan penghargaan Ramon Magsaysay Award melalui dua tokoh sastra yaitu Mochtar Lubis dan Pramoedya Ananta Toer. Dua tokoh sastra ini mendapatkan penghargaan ini dalam kategori Literature and Creative Communication arts.