Sabtu , 15 Januari 2011, 02:53 WIB

Pemainnya Tidak Hadiri Jumpa Pers, Qatar Didenda Rp 18 Juta

Red: Didi Purwadi
Piala Asia 2011
Piala Asia 2011

REPUBLIKA.CO.ID,DOHA - Tuan rumah Piala Asia 2011, Qatar, dikenakan denda sebesar 2.000 dolar AS (Rp 18 juta) karena tidak mengirim seorang pemainnya untuk menghadiri konferensi pers menjelang pertandingan. Demikian keputusan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) yang dikeluarkan pada Kamis (13/1).

"Tim nasional Qatar telah didenda sebesar 2.000 dolar AS ... karena tidak memenuhi kewajiban media dan pemasaran dengan tidak mengirim seorang pemain utama untuk menghadiri konferensi pers pra-pertandingan sebelum pertandingan mereka melawan Uzbekistan pada 6 Januari lalu," demikian pernyataan AFC itu.

Tuan rumah Qatar berada di Grup A bersama Uzbekistan, Cina, dan Kuwait. Qatar mengawali laga dengan buruk setelah kalah 0-2 dari Uzbekistan.  Namun, Qatar mampu bangkit merebut laga kedua dengan menekuk Cina 2-0.

Qatar dan Cina, yang sama-sama mengoleksi tiga angka, akan bersaing untuk lolos ke babak berikutnya. Sementara Uzbekistan sudah memastikan satu tempat di perempat final.

Korea Utara dan Irak kemungkinan juga menghadapi tindakan disipliner setelah kedua negara itu tidak mengutus pemain mereka ke konferensi pers pra-pertandingan mereka.

Sumber : antara/afp