Kamis, 24 Jumadil Akhir 1435 / 24 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Menabung di Bank Syariah, Pilih BNI Syariah

Kamis, 20 Oktober 2011, 15:36 WIB
Komentar : 0
Nabila Firdausi
Nabila Firdausi

Sudah punya rekening Bank? apakah tertarik membuka rekening di Bank Syariah? apa sih Bank Syariah itu? apa KEUNTUNGANNYA daripada Bank konvensional?

Inilah yang sempat terlintas di benak saya tentang awal kemunculan bank-bank syariah pasca krisis moneter lalu. saya sempat heran, apa sih bagusnya Bank Syariah? apa yang membedakannya dengan bank lainnya? dan pertanyaan terpenting : apa keuntungan memilih bank syariah? saya sebagai mahasiswa yang awam tentang konsep perbankan syariah masih dilanda bingung awalnya. lagipula, iklan Bank syariah di TV tidak ada sama sekali yang menjelaskan apa sih perbankan syariah itu dan keuntungannya apa.

Perbankan syariah atau Perbankan Islam adalah suatu sistem perbankan yang dikembangkan berdasarkan syariah (hukum) islam. Usaha pembentukan sistem ini didasari oleh larangan dalam agama islam untuk memungut maupun meminjam dengan bunga atau yang disebut dengan riba serta larangan investasi untuk usaha-usaha yang dikategorikan haram.

Setelah mencari, membaca dan memilah dari berbagai sumber, saya menemukan keuntungan-keuntungan serta keunggulan menggunakan jasa bank syariah yang bersumber pada basis syariah sebagai dasar operasinya, sebagai berikut :

1. Konsep hubungan antara Bank Syariah dan Penabung.

Di perbankan konvensional bank menjadi debitor dan penabung menjadi kreditor. Atas dasar simpan-pinjam, bank membayar bunga kepada penabung dengan tingkat bunga yang sudah ditentukan, tidak peduli berapapun keuntungan yang diperoleh bank atau kerugian yang diderita bank.

Di perbankan syariah si penabung merupakan mitra bank sekaligus investor bagi bank itu. Sebagai investor ia berhak menerima hasil investasi bank itu. Hasil yang diperoleh penabung naik dan turun secara proporsional, mengikuti perolehan bank syariahnya. Muamalah berdasarkan konsep kemitraan dan kebersamaan dalam profit dan risk itu akan lebih mewujudkan ekonomi yang lebih adil dan transparan.

2. Proses bagaimanan dana tabungan para nasabah dimanfaatkan.

Di bank konvensional penabung tidak tahu dan tidak punya hak untuk tahu kemana dana bakal disalurkan. sedangkan Bank syariah menyeleksi proyek yang hendak didanai, bukan hanya melihat dari sisi kelayakan usaha tetapi juga pada halal atau haram usaha itu. Semua nasabah baik deposan maupun debitor terhindar dari praktik moral hazard yang biasa bersumber dari sistem riba.

3. Adanya Early Warning System (peringatan bahaya dini) dari Bank Syariah.


Ketika perolehan bagi hasilnya terus merosot penabung bank syariah memperoleh isyarat bahwa sesuatu yang buruk terjadi pada banknya sehingga ia bisa mengantisipasi segala kemungkinan dan mencari solusi sehingga kita sebagai nasabahnya tidak sampai rugi.

4. Fasilitas Bank Syariah selengkap Bank konvensional.


Saat ini Bank Syariah sudah sangat modern. Semua jenis transaksi mulai dari tabungan, deposito, kredit usaha, kredit rumah, kliring, dan sebagainya tersedia. Mayoritas Bank Syariah terhubung dengan jaringan online ATM Bersama sehingga dapat tarik tunai dan transfer realtime dari/ke bank lain dengan mudah.

Beberapa Bank Syariah seperti BNI Syariah juga telah memberikan layanan Internet Banking, SMS Banking, bahkan kartu kredit syariah sehingga lebih praktis dan nyaman dalam setiap transaksi.

5. Manajemen Keuangan Bank Syariah lebih aman dan stabil.


Dapat kita lihat sekarang ini, saat banyak bank investasi dan bank-bank besar bangkrut maupun membutuhkan kucuran dana, banyak Bank Syariah baru yang justru bermunculan atau buka cabang. Krisis ekonomi justru telah memuktikan bahwa manajemen finansial berbasis syariah jauh lebih aman dibandingkan ekonomi liberal yang dianut bank konvensional.

Bahkan dikutip dari VIVAnews, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Halim Alamsyah, mengatakan perbankan syariah mempunyai keunggulan dalam pencegahan fraud atau penipuan dibandingkan dengan bank konvensional. Pasalnya, perbankan syariah memiliki dewan syariah sebagai instrumen pengawasan.

6. Salah satu nilai tambahnya : membantu menolong mereka yang membutuhkan.


Bank Syariah mengeluarkan 2,5% dari keuntungan tahunannya untuk dizakatkan. Namun bank konvensional tidak mempunyai kewajiban berzakat. Dengan menggunakan layanan Bank Syariah, secara tidak langsung Anda turut berzakat dan membantu mereka yang membutuhkan.

7. Semua proses dan transaksi didalamnya 100% HALAL.

Kredit yang diberikan oleh bank syariah mempunyai persyaratan yang mewajibkan dana digunakan untuk aktivitas yang halal. Bisnis yang dibiayai bank syariah, juga tidak boleh berisiko mengandung kegiatan yang diharamkan oleh agama Islam. Hal ini sama sekali tidak membatasi nasabah bank syariah harus muslim, justru agama apa pun boleh, asal halal pemakaiannya. Meskipun nasabah tersebut muslim, tapi jika pemakaian dana atau usaha yang dijalankannya tidak halal, maka dia tidak diperkenankan untuk mengambil kredit di Bank Syariah. benar-benar HALAL 100%.

Karena 7 keuntungan utama itulah, saya menjadi sangat tertarik untuk membuka rekening di Bank Syariah. kebetulan sejak menjadi mahasiswa, tabungan saya adalah BNI, karena kerjasama dengan universitas saya. walaupun isi saldo tabungan saya mepet (maklumlah mahasiswa hehe..) namun saya merasa sangat puas dengan layanan BNI. semua transaksi saya beres dan lancar, ATM tersebar dimana-mana, kartu ATM-nya juga bisa digunakan di banyak transaksi (saya pernah membayar es krim di salah satu gerai terkenal dengan kartu ATM BNI mahasiswa saya, saya sempat kaget karena ternyata bisa hehe..). saya juga pernah menggunakan layanan Paypal dan dapat transaksi lancar dengan akun rekening BNI saya. hebat deh pokoknya.

Ternyata BNI pun sudah memiliki BNI Syariah loh, karena saya puas dengan layanan BNI, maka saya pun tertarik untuk mengenal lebih dekat BNI Syariah. secara umum, BNI Syariah memiliki 3 produk utama (dari sekian banyak produk yang ditawarkan) yakni : Tabungan iB Hasanah, Gadai Emas iB Hasanah, dan iB Hasanah Card. wah saya tertarik nih membuka Tabungan iB Hasanah, karena setelah saya lihat infonya, persyaratan membuka rekeningnya sangat mudah! cukup mengisi formulir, menunjukkan KTP/SIM/Paspor asli dan fotocopy-annya serta menyerahkan setoran awal Rp 100.000, wow mudah dan murah (setoran awal hanya 100ribu) kan.. bahkan Biaya saldo di bawah minimum = Rp 2.500!! murah sekali ya ampun.. untuk kantong mahasiswa ini cocok sekali! info lengkap disini. bahkan untuk masyarakat kelas menengah ke bawah, tabungan iB Hasanah adalah pilihan tepat untuk rencana masa depan.

saya juga sangat tertarik dengan layanan Griya iB Hasanah yakni fasilitas pembiayaan konsumtif yang diberikan kepada anggota masyarakat untuk membeli, membangun, merenovasi rumah (termasuk ruko, rusun, rukan, apartemen dan sejenisnya), dan membeli tanah kavling serta rumah indent, yang besarnya disesuaikan dengan kebutuhan pembiayaan dan kemampuan membayar kembali masing-masing calon. salah satu impian saya adalah membelikan rumah untuk kedua orang tua saya :)

Karena dengan persyaratan : WNI, usia minimal 21 tahun dan maksimal sampai dengan saat pensiun pembiayaan harus lunas, berpenghasilan tetap dan masa kerja minimal 2 tahun saja, saya bisa mendaftar layanan Griya iB Hasanah ini untuk mewujudkan impian saya. apalagi keuntungannya uang muka ringan yang dikaitkan dengan penggunaan pembiayaan serta angsuran tetap tidak berubah sampai lunas ini sangat membantu meringankan beban keuangan orang-orang yang ingin memiliki rumah/tanah. info selengkapnya disini. Subhanallah.. menyenangkan sekali ya menggunakan layanan BNI Syariah, oleh karenanya mari hilangkan semua dugaan salah tentang perbankan syariah dan marilah kita menabung di bank syariah yang terpercaya yakni BNI Syariah.

Masih banyak lagi keuntungan memilih layanan perbankan syariah di BNI Syariah, mari kita mulai menabung dan berinvestasi dengan HALAL dan aman. saya juga berencana akan membuka rekening tabungan iB Hasanah di BNI Syariah. Bismillah, pasti barokah. Nabila Firdausi

Salah satu di antara kalian tidak beriman sebelum ia mencintai saudaranya (atau beliau bersabda: tetangganya) seperti mencintai diri sendiri. (HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  rahmadi Minggu, 26 Agustus 2012, 22:18
saya nabung d bank aceh sariah
malah ada tambahan uang tiap nabung bunga
  andika Rabu, 4 Juli 2012, 12:04
mbk mau tanya alamat bank bni di serang tu dimana yaw,krn sya mau transfer tp tdk tahu alamatnya .trimakasih
  Diah Utami Selasa, 3 Juli 2012, 16:00
Tulisan yang bernas. Sangat bermanfaat.
  Dede Sabtu, 26 Mei 2012, 10:12
mau tanya mbak,.. klo bni syariah bisa tidak digunakan untuk layanan paypal??
Makasich sebelumnya,.. :D
  muzayyanah Selasa, 7 Februari 2012, 13:42
bagaimana dg fenomena masyarakat ttg "klo nabung di bank tuh selalu terpotong tabungan kita malah berkurang" klo BNI syariah bagaimana ttg hal ini?apakah ada pemotngan tiap bulannya trhdap tabungan nasabah. Terimakasih sebelumnya.

  VIDEO TERBARU
Tokoh Perubahan 2013, Inspirasi Indonesia
JAKARTA -- Republika menganugerahkan gelar Tokoh Perubahan 2013 kepada beberapa tokoh yang memberi inspirasi pada Indonesia. Untuk tahun ini tokoh yang mendapat gelar...