Jumat , 22 February 2013, 12:16 WIB

Peserta PAUD Baru Mencapai 35 Persen

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Dewi Mardiani
Antara/Arief Priyono
Sejumlah anak-anak dari perwakilan lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) mengikuti lomba mewarnai.
Sejumlah anak-anak dari perwakilan lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) mengikuti lomba mewarnai.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Sebanyak 35 persen anak usia 1 - 6 tahun telah mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Hal ini diungkapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Lydia Freyani Hawadi.

"Untuk anak usia 1-6 tahun, total cakupan anak yang mengikuti PAUD hanya 35 persen," kata Lydia saat membuka acara Pelatihan Dongeng Bunda PAUD di D Mall, Depok, Jumat (22/2).

Menurutnya, PAUD sangat penting untuk perkembangan otak anak pada usia tiga tahun pertama. Oleh karena itu, meningkatkan kualitas tenaga pengajar PAUD dinilai penting olehnya. Sementara itu, untuk anak usia empat hingga enam tahun tercatat telah mengikuti PAUD sebanyak 60 persen.

Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia HIMPAUDI Depok, Romzah, mengapresiasi peran Frisian Flag Indonesia dalam peningkatan PAUD. "Saya sampaikan terima kasih atas kegiatan yang dilakukan oleh Frisian Flag Indonesia dalam pelatihan Bunda PAUD yang pertama kalinya di Depok," katanya.

Pelatihan Bunda PAUD ini juga diselenggarakan di empat kota di Indonesia, seperti di Surabaya, Purwokerto, Semarang, dan Depok.