Kamis , 24 August 2017, 10:45 WIB

Memperingati Dua Hari Kemerdekaan

Red: Hazliansyah
dok. KJRI Noumea
 Upacara HUT Kemerdekaan ke-72 RI di KJRI Noumea, New Caledonia.
Upacara HUT Kemerdekaan ke-72 RI di KJRI Noumea, New Caledonia.

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap tanggal 17 Agustus, bangsa Indonesia selalu memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan RI. Namun, masih ada satu hal yang sering kita lupakan ketika memperingati hari kemerdekaan tanggal 17 Agustus, yaitu ada tanggal lain hari kemerdekaan, yakni tanggal 9 Ramadhan.

Sebab, ketika Sukarno-Hatta memproklamasikan kemerdekaan, bertepatan dengan hari Jumat tanggal 9 Ramadhan 1634 H. Waktu itu bertepatan dengan bangsa Indonesia yang mayoritas umat Islam ini sedang melaksanakan ibadah puasa, ibadah di bulan suci yang penuh berkah, maghfirah, rahmat, dan kemenangan dari Allah SWT.

Karena demikian besarnya pengorbanan para pahlawan bangsa yang mayoritas para pemimpin umat Islam setelah mereka berjuang melawan penjajah selama 350 tahun terus-menerus tanpa henti, yang akhirnya berhasil mengantarkan kemerdekaan negara ini, sudah sewajarnya setiap tanggal 9 Ramadhan juga diperingati sebagai Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Peringatan itu lengkap dengan pengibaran bendera merah putih dan upacara kenegaraanya. Bahkan, perlu juga ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional sebagaimana setiap tanggal 17 Agustus.

Abdul Halim
Perum Taman Walet WRC, Blok 8 Nomor 16, Sindangsari, Tangerang, Banten