Selasa 19 Apr 2016 15:21 WIB

Mari Berkuliah ke Turki

Red: M Akbar
Mahasiswa Indonesia di Turki
Foto: istimewa
Mahasiswa Indonesia di Turki

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Doddy Hidayat (Praktisi Pendidikan)

Pelajar Indonesia yang melanjutkan kuliah di luar negeri semakin meningkat setiap tahunnya. Berbagai negara seperti negara-negara di Eropa, Australia, Amerika, Jepang, Singapura, Malaysia, dan lainnya, menjadi incaran para pelajar yang ingin sukses dengan belajar di negara-negara tersebut.

Namun, belum banyak pelajar kita yang mengetahui kalau negara Turki juga bisa menjadi pilihan utama untuk melanjutkan studi. Siapa tidak tahu negara Turki.

Negara ini adalah tempat kekhalifahan Islam terakhir. Setelah sempat menjadi ‘orang sakit di Eropa’, Turki saat ini telah berubah menjadi sebuah negara maju. Turki kini menjelma dan memiliki pengaruh kuat dalam pergaulan antarbangsa.

Di bawah kepemimpinan Recep Tayyib Erdogan, Turki telah berubah. Negara yang terletak di benua Eropa dan Asia ini telah menjelma menjadi negara yang memiliki perekonomian kuat. Paling tidak inilah yang tercatat dari peringkat ekonomi yang meloncat dari no 111 menjadi nomor 4 dunia.

Selain itu, Turki juga terus berkembang dalam urusan ilmu dan teknologinya, tujuan wisata dunia. Tak heran jika negara ini menjadi pilihan bagi para pelajar dunia untuk menuntut ilmu dan pengalaman berharga bagi masa depannya kelak.

Lalu hal yang utama dan terutama adalah Turki telah bertransformasi -- dari negara yang sangat sekular menjadi negara dengan masyarakat yang mulai islami. Walaupun bentuk negara tetap dipertahankan sekuler.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement