Ahad 18 Jan 2015 21:03 WIB

Wah, Profesi Wartawan Masih Diminati Mahasiswa

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Foto: wikipedia.org
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Rahma Sari (Mahasiswa Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

CIPUTAT -- Profesi wartawan masih diminati oleh mahasiswa. Hal ini terlihat pada pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh Zamzam Media di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Jakarta, Rabu (14/1) lalu. Sebanyak 16 mahasiswa dari jurusan jurnalistik kampus tersebut diberikan materi untuk selanjutnya dapat menjadi reporter Zamzam Media yang baru saja diresmikan pada 1 Januari 2015 lalu.

 

Dalam acara tersebut hadir tiga pembicara yaitu Fernan Rahadi (Republika) yang menyampaikan materi Jurnalis Masa Kini, Faris BQ (Dosen UIN Jakarta dan juga penulis buku) yang menyampaikan  materi Menulis Kisah Inspiratif, serta Elvan Syahputra (konsultan Information Technology) yang menyampaikan materi Berdakwah dengan Multimedia.

Dalam materi Jurnalis Masa Kini, Fernan Rahadi menyampaikan, tantangan masa kini dalam media online adalah budaya menonton, minimnya minat baca, serta anggapan media sebagai sesuatu yang elite. Oleh karena itu menjadi tugas wartawan membuat berita dapat dinikmati pembaca. "Wartawan memilih berita berdasarkan isi berita, struktur tulisan, bahasa, serta visi-misi media,” ujar Fernan.

Sementara itu Faris BQ menyampaikan trik-trik menjadi penulis, salah satunya adalah menjadikan menulis itu sebagai passion, jangan karena terpaksa. “Ketika menulis jangan menciptakan jarak antara penulis dan pembaca. Tulislah seolah olah anda kenal dengan pembaca anda”, ungkap Faris.

Pelatihan yang berlangsung pukul 10 pagi sampai 3 sore itu sangat menarik. Agita Surya, salah peserta pelatihan, mengatakan memperdalam ilmu tentang menulis di media online sangat menarik untuk dipelajari. “Saya suka nulis makanya saya ikut pelatihan ini. Saya ingin memperdalam kemampuan dalam tulis-menulis,” ujar Agita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement