Selasa 25 Jun 2013 12:51 WIB

Universitas Indonesia Sambut Bulan Ramadhan

Pawai Sambut Ramdhan di Universitas Indonesia
Foto: dok pri
Pawai Sambut Ramdhan di Universitas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, Lembaga Dakwah Kampus Nasional Salam Universitas Indonesia (UI) dan Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) se-UI mengadakan tarhib Ramadhan untuk menyambut datangnya Bulan Ramadhan 1434 H pada Jumat (21/6) lalu.

Pelaksanaan tarhib Ramadhan ini dibuka dengan pawai Ramadhan keliling lingkar luar kampus UI, yang diikuti sekitar 300 mahasiswa UI dari berbagai fakultas. Rombongan pawai Ramadhan ini meriah dengan berbagai baju dan properti adat daerah yang berbeda-beda. Ada yang memakai ada madura, batak, dayak dan adat lainnya.

Ramainya pawai juga terlihat dengan spanduk dan tulisan-tulisan yang dibuat oleh peserta pawai. Pawai Ramadhan ini dimulai pukul 07.00 pagi dengan titik kumpul Boullevard Universitas Indonesia.

"‘Pawai ramadhan  adalah salah satu cara kita, Lembaga Dakwah di UI menyambut datangnya Bulan Ramadhan. Ayo persiapkan Bulan Ramadhan tahun ini dengan persiapan terbaik,'' ujar Arief Aditya, ketua Salam UI 16 dalam orasinya.

Pawai Ramadhan ini berkeliling melalui setiap fakultas yang ada di Universitas Indonesia. Selain diisi dengan orasi tentang Ramadhan oleh seluruh ketua Lembaga Dakwah Fakultas di UI, rombongan juga membagikan kurma serta menu Ramadhan yang berisi jadwal imsakiyah dan kegiatan Ramadhan di UI kepada seluruh civitas akademika di UI.

Kegiatan pawai Ramadhan kemudian dilanjutkan dengan tabligh akbar persiapan Ramadhan 1434 H. Tabligh akbar yang diisi oleh Banu Muhammad, S.E., MSE (Dosen Fakultas Ekonomi UI) ini dilaksanakan di aula utama Masjid Ukhuwah Islamiyah, UI Depok.

Dalam ceramahnya, pembicara menyampaikan tentang banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut datangnya Bulan Ramadhan agar tidak gagal dalam Ramadhan tahun ini. Acara yang diikuti oleh civitas akademika UI ini bertujuan untuk mengajak seluruh elemen kampus mempersiapkan Ramadhannya tahun ini dengan persiapan terbaiknya.

Tarhib Ramadhan kali ini diadakan untuk mengabarkan kepada seluruh civitas akademika Universitas Indonesia bahwa Bulan Ramadhan akan datang tidak lama lagi. Selain itu, acara ini juga diharapkan dapat mewarnai kampus UI dengan syiar islam yang menyentuh setiap sudut kampus.

Penulis: Dini Riyani, FMIPA UI 2011

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement