Selasa, 27 Zulhijjah 1435 / 21 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

WNI di Hawaii pun tak Melewatkan Momen Ini

Selasa, 04 September 2012, 16:03 WIB
Komentar : 0
Ismail Sulaiman
Serunya lomba makan kerupuk di Hawaii.
Serunya lomba makan kerupuk di Hawaii.

 

Minggu (26/8) merupakan hari spesial di Honolulu, Hawaii, karena ada event Halal bi Halal dan Perayaan HUT Republik Indonesia ke-67. Acara yang digelar di sebuah aula ini menjadikan ruang tersebut semerbak dengan warna merah putih.

Acara dimulai dengan sambutan oleh panitia. Kemudian teman-teman yang baru datang ke Hawaii pun diperkenalkan.

Acara dilanjutkan dengan pentas defile oleh berbagai kalangan, mulai dari dewasa, remaja hingga anak-anak. Mereka memakai pakaian ala masa perjuangan, dengan diiringi aneka lagu perjuangan serta puisi. 

Setelah acara pentas selesai, lanjut ke icip-icip masakan Indonesia yang disediakan oleh warga. Sudah sekian lama rasa rindu dengan menu masakan Indonesia, akhirnya terbalas jua.

Satu persatu saya telusuri makanan yang disajikan, mulai dari makanan ringan seperti kue-kue kering, nastar, kerupuk, rempeyek hingga bubur ketan hitam pun tersedia. Masakan ala nusantara semua tersedia dan siap untuk dicoba. Terobati rasa rindu ketika hadir di acara rakyat ini. 

Ratusan pengunjung berdatangan sejak pagi dari berbagai penjuru kota di Hawaii. Selain menikmati jenis makanan, sekaligus wadah menyambung silaturrahim sesama anak bangsa di perantauan.



Acara Halal bi Halal dan Perayaan HUT RI ini merupakan acara tahunan, yang dilaksanakan oleh warga Indonesia yang menetap di sini. Selain menikmati makanan, kita juga menikmati beraneka hiburan dan permainan tradisional seperti, lomba makan kerupuk, memasukkan paku ke botol, lomba bawa kelereng, tarik tambang, dan lomba balap karung. Tari poco-poco, Sajojo dari Papua dan lagu "Kopi Dangdut" pun tak ketinggalan menambah kemeriahan acara, di mana semua warga ikut bernyanyi dan bergoyang bersama.

Semua membaur menjadi satu, sambil menikmati suasana cerahnya Hawaii dan keceriaan bersama di antara kita. Acara sangat  berkesan karena dinikmati tidak hanya oleh masyarakat Indonesia saja, tetapi juga warga Amerika yang sudah sangat mengenal Indonesia.

Keseluruhan acara berlangsung dengan sukses. Sore pun tiba dan masyarakat beranjak kembali ke tempat masing-masing, tentunya dengan perasaan bermacam-macam tentang kerinduan akan negeri tercinta. Teruntai kata-kata indah dalam sebuah lagu, "di sana tempat lahir beta.. Dibuai dibesarkan bunda.. Tempat berlindung di hari tua.. Sampai akhir menutup mata..”

Salam Merdeka dari negeri Aloha!








Ismail Sulaiman
Dosen STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa Aceh
Asia Pacific Leadership Program
East West Cente, Honolulu, Hawaii

 

Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?((QS Ar Rahman))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
SBY: Twit Saya yang Terakhir Kepada Para Followers
JAKARTA -- Jelang serah terima jabatan, Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan salam perpisahan melalui akun twitter miliknya, Senin (20/10).  Dalam tweetnya, SBY beserta Ani...