Wednesday, 8 Rabiul Akhir 1436 / 28 January 2015
find us on : 
  Login |  Register

Ini Dia, Tips Mengerjakan Skripsi ala Sobat @ROLtoCampus

Sunday, 10 June 2012, 11:53 WIB
Komentar : 3
sitekno.com
Sarjana (ilustrasi)
Sarjana (ilustrasi)

Siapa tak mau lekas lulus? Setelah sekian tahun mengecap bangku perkuliahan, skripsi merupakan kunci menuju kelulusan dan memperoleh gelar sarjana bagi para mahasiswa S1. Namun, istilah "skripsi" sebagai tugas akhir untuk meraih gelar tersebut sebenarnya hanya digunakan di Indonesia.

Dalam penyusunan skripsi, mahasiswa didampingi oleh 1-2 dosen pembimbing. Merekalah yang akan membantu mengarahkan mahasiswa, mulai dari penentuan judul atau topik yang hendak diangkat, perancangan proposal, seminar, riset hingga akhirnya tersusunlah skripsi untuk diuji pada persidangan.

Bagi sebagian mahasiswa, mengerjakan skripsi mungkin merupakan hal yang memusingkan. Namun, ada beberapa orang "Sobat @ROLtoCampus" yang berkenan berbagi tips dalam mengerjakan skripsi.

1. Untuk mengerjakan skripsi, kalau sudah ada semangat buat mengerjakan diteruskan, jangan di-stop, karena kalau sudah di-stop biasanya malas lagi (@nuvnop);

2. Jangan menunda waktu luang, perbanyak baca referensi, dan jangan minum alkohol (@alfianfahrur);

3. Biar skripsi cepat selesai, menulisnya selembar sehari dan konsultasi sama dosen pembimbing tiap hari boleh! (@kaka_agustian);

4. Mending mengerjakan skripsinya bareng sama teman/sahabat kamu, biar semangat mengerjakannya, dan kalau ada yang sulit juga bisa ditanya ke teman (@nuvnop);

5. Jangan lupa makan, biar tidak lapar! Perut lapar, otak terkapar! (@kaka_agustian); 

6. Satu yang pasti, tujuan buat skripsi jangan asal lulus saja, tapi ditujukan untuk hasil yang bermanfaat di sekitar kita. (@kaka_agustian)

Itu tips dari mereka, bagaimana denganmu? Punya tips juga untuk dibagi?

Redaktur : Miftahul Falah
Anas Ra, pembantu rumah tangga Nabi Saw berkata, “ Aku membantu rumah tangga Nabi Saw sepuluh tahun lamanya, dan belum pernah Beliau mengeluh “Ah” terhadapku dan belum pernah Beliau menegur “kenapa kamu lakukan ini atau kenapa tidak kau lakukan ini.((HR. Ahmad))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
 Bibit Samad: Kasus BG Sudah Ada Sejak Zaman Saya
JAKARTA -- Mantan wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bibit Samad Riyanto, mengakui kasus Budi Gunawan (BG) sudah ada sejak zamannya memimpin. Meski...