Senin 23 Apr 2012 14:53 WIB

Rekrut Pengusaha Muda, Solusi Perekonomian Bangsa Indonesia

Pengusaha muda. Ilustrasi
Foto: .
Pengusaha muda. Ilustrasi

Berbagai lembaga nasional maupun internasional memprediksi bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terus membaik. Sehingga, negara berpenduduk 241 juta jiwa ini diramalkan menjadi salah satu kekuatan ekonomi global pada tahun 2030 mendatang.

Optimisme tersebut berbanding lurus dengan potensi bisnis yang kian terbuka lebar. Membaca peluang itu, semangat kewirausahaan terus digelorakan, bukan saja oleh pemerintah tapi juga oleh kalangan anak muda. Salah satunya, dibuktikan dengan Kegiatan Youth Entrepreneur Training (YET) yang digelar oleh Badan Koordinasi Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Perguruan Tinggi Sulawesi Selatan.

YET yang dihadiri oleh 100 orang peserta dari berbagai kampus se-provinsi Sulsel, berlangsung selama dua hari, Sabtu-Ahad (21-22/4). Kegiatan YET diselenggarakan di Gedung Lembaga Administrasi Negara (LAN) Antang Kota Makassar dan berlangsung hangat. Berbagai materi seputar kewirausahaan disuguhkan kepada peserta.

Para pembicara berasal dari kalangan penguasaha sukses seperti Yudi “Ondong” Harsono, Ketua Umum HIPMI Sulsel yang membawakan materi dasar-dasar kewirausahaan dan pengenalan HIPMI serta HIPMI PT. Menurut pria yang akrab disapa Ondong ini, keberadaan HIPMI PT tak lepas dari cita-cita luhur untuk mengakselerasi munculnya bibit-bibit entrepreneur dari kalangan mahasiswa.

Para peserta antusias mengikuti ragam sajian materi. Apa lagi saat materi success story yang dibawakan oleh Mawardi Djafar, Owner salah satu agen periklanan ternama di Sulsel. Mawardi memaparkan kisah sukses sehingga bisnis periklanan miliknya berkembang dan bisa bersaing di tengah banyaknya agen periklanan baru.

Selain itu, peserta juga dipandu menyusun business plan yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum HIPMI PT Sulsel, Zainal Abidin. Zainal berharap, melalui kegiatan rekrutmen entrepreneur muda dari kalangan mahasiswa ini, bisa menjadi solusi bagi perekonomian bangsa Indonesia.

Di tempat terpisah, Jusman Dalle, Ketua Kompartemen Media dan Komunikasi HIPMI PT Sulsel, mengatakan, bahwa momentum ekonomi Indonesia yang ditandai oleh pesatnya pertumbuhan kelas menengah, menjadi tantangan bagi entrepreneur muda untuk mengeksplorasi ide-ide bisnisnya. “Saat ini lapisan middle class kita sangat besar. Salah satu ciri mereka adalah konsumtif dan memiliki mobilitas tinggi, serta selalu connect dengan perangkat digital. Sesungguhnya ini peluang yang harus diambil, kita siapkan layanan bagi middle class ini,”  tutup Jusman.

Jusman Dalle

Kompartemen Media & Komunikasi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement