Jumat 27 May 2011 20:54 WIB

Jilbab Klaten Terbang ke Rusia

Jilbab Klaten di Moscow International Halal Exhibition 2011
Foto: Istimewa
Jilbab Klaten di Moscow International Halal Exhibition 2011

Jilbab-jilbab cantik buatan kota kecil Klaten menghiasi Moscow International Halal Exhibition 26-28 Mei 2011. Busana muslimah dari Bunda Collection tersebut sengaja didatangkan dari tanah air bersama produk-produk makanan berlabel halal lainnya.

 

 Rupanya, banyak juga muslimah Rusia yang tergoda dengan busana muslim dari Klaten. Jilbab-jilbab ditata rapi dengan warna-warni cerah yang sesuai untuk musim semi dan musim panas seperti pink, ungu dan hijau. Selain warnanya yang menarik perhatian, penampilan jilbab dengan bunga dan payet tersebut sangat sesuai dengan jiwa orang Rusia yang lagi suka tampil modis.

 

Dalam kesempatan itu, Indonesia juga akan menampilkan peragaan busana muslim dengan menghadirikan seorang perancang busana dari Indonesia, Toto Supangat. Peragaan busana yang menampilkan lebih dari 20 busana muslim dengan tema batik dan tenun akan menghiasi puncak kegiatan Moscow International Halal Exhibition 2011 pada tanggal 28 Mei 2011.

Menurut Mufti Rusia, Sheikh Ravil Gaynutdin,  produk dan industri halal di Rusia saat ini menunjukkan perkembangan yang sangat pesat. Diharapkan dengan semakin banyaknya peserta Moscow International Halal Exhibition 2011 ini akan semakin memperluas cakrawala masyarakat Rusia mengenai potensi produk-produk halal di Rusia.

Tahun ini untuk yang kedua kalinya, KBRI Moskow kembali berpartisipasi dalam “2nd Moscow International Halal Exhibition”.  Pameran produk dan industri halal tersebut diselenggarakan oleh Dewan Mufti Rusia didukung oleh beberapa Kementerian dan instansi terkait di Rusia. Pameran telah dibuka secara resmi oleh Ketua Dewan Mufti Rusia, Sheikh Ravil Gaynutdin.

Duta Besar Hamid Awaludin mengatakan, jumlah muslim Rusia yang berjumlah 23 juta (18%) dari 140 juta penduduk merupakan pangsa pasar yang mampu menyedot produk-produk halal Indonesia ke pasar Rusia. Tidak saja produk makanan dan minuman, tetapi juga pakaian-pakaian muslim dan kosmetik halal yang dibutuhkan oleh masyarakat muslim Rusia.

Menurut Penanggunjawab Penerangan KBRI Moskow, M. Aji Surya, Moscow International Halal Exhibition 2011 dihelat di salah satu expo center terbesar di Rusia diikuti oleh sekitar 75 perusahaan dan beberapa negara Islam. Produk-produk yang ditampilkan cukup beragam, mulai dari industri makanan olahan hingga  busana muslim.

Aji Surya

Counsellor KBRI Moskow

 

-------------------------------

Rubrik Jurnalisme Warga memuat tulisan kiriman pembaca. Kirimkan tulisan Anda (mencakup laporan, tips, pengalaman, dan kisah mengenai berbagai hal) beserta foto-foto ke: [email protected]. Tulisan disertai identitas jelas pengirim. Redaksi berhak tidak menayangkan kiriman tulisan berdasarkan penilaian redaksi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement