Perempuan Saudi Direkrut untuk Bekerja di Bandara Lokal
Kamis , 04 January 2018, 15:38 WIB

bikyamasr.com
Perempuan Arab Saudi

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Dengan adanya reformasi hak asasi perempuan di Arab Saudi, kini perempuan Saudi mendapatkan kesempatan untuk bekerja di berbagai profesi. Setelah sebelumnya pemerintah membolehkan perempuan bekerja di pertambangan dan diizinkan mengemudi, kini perempuan juga bisa bekerja di pelayanan transportasi.

Layanan darat kini merekrut perempuan Saudi untuk bekerja di bandara setempat. Kepala petugas layanan bersama pada Saudi Ground Services Co. (SGS), Bassam Al-Bokhari, mengatakan bahwa rekrutan perempuan Saudi akan bergabung dengan perusahaan tersebut. Mereka akan memulai program pelatihan pada Februari mendatang. Al-Bokhari mengatakan, bahwa para perempuan akan bekerja di loket check-in. Untuk membantu mempersiapkan mereka, ia mengatakan mereka akan terdaftar dalam program pelatihan intensif.

"Program ini mencakup kursus pelatihan teknis seperti layanan penumpang, prosedur check-in, keselamatan, keamanan, dan soft skill seperti keterampilan komunikasi, keterampilan layanan pelanggan dan manajemen waktu," kata Al-Bokhari, dilansir dari Arab News, Kamis (4/1).

Pelatihan akan diselenggarakan bekerja sama dengan Dana Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kementerian Tenaga Kerja dan Pembangunan Sosial. Al-Bokhari mengatakan, bahwa respon yang mereka terima sangat besar. Perusahaannya telah menerima lebih dari 10 ribu lamaran melalui portal karir online mereka.

Sebelumnya SGS telah menyelenggarakan forum rekrutmen pertama di Jeddah di bawah program "Your Way to the Future", yang diadakan pada 24-27 Desember 2017 lalu. Program ini bertujuan untuk merekrut lulusan baru dari universitas dari berbagai jenis kelamin untuk bekerja pada bidang layanan di terminal Bandara Internasional King abdul Aziz.

Omar Najjar, CEO SGS, mengatakan bahwa upaya ini merupakan bagian dari dukungan perusahaan terhadap arahan Kerajaan untuk memberdayakan perempuan Saudi agar menjadi bagian masyarakat yang produktif.

Redaktur : Esthi Maharani
Reporter : Kiki Sakinah