Memilih Lokasi Berbelanja di Tanah Suci
Senin , 30 Januari 2017, 17:35 WIB

Pedagang kurma di Pasar Induk Buah Kakiyah, Makkah, Ahad (7/10). (Heri Ruslan/Republika)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Seusai menunaikan ibadah haji dan umrah di Tanah Suci, jamaah tentu tak lupa ingin membagikan oleh-oleh ke sanak-saudara mereka. Di Indonesia sendiri memang sudah banyak beredar tempat penjualan berbagai macam makanan maupun barang khas Tanah Suci.

Namun, sebagian jamaah beranggapan, membelinya langsung di sana akan jauh lebih murah.  Lantaran keterbatasan waktu yang tersedia, mengingat para jamaah harus bisa membagi waktu antara ibada dan berbelanja, berikut beberapa tips tempat berbelanja di Mekkah yang cocok untuk dikunjungi

1.    Pasar Bab Mekah

Meski namanya Pasar Bab Mekah, lokasi pasar ini terletak di Suhaifa, salah satu sudut KotaJeddah, hanya 10 menit dari pusat kota. Pasar tradisional ini buka setiap pagi dan tutup menjelang salat zuhur.
2.    Pasar Kurma Madinah

Jika Anda mencari kurma, Pasar ini tempat yang tepat. Di Pasar Kurma Madinah dijual berbagai jenis kurma dan olahan kurma yang harganya bervariasi, mulai dari 30 riyal sampai 90 riyal. Pasar ini terletak sekitar 60 meter di sebelah selatan Masjid Nabawi. Pasar ini buka pukul 07.00 - 11.00 malam waktu setempat pada musim haji.

3.    Pasar Zakfariah

Pasar borong atau Pasar Zakfariah terletak sekitar 1 kilometer dari Masjidilharam. Pasartradisional ini menjual berbagai keperluan ibadah, termasuk perhiasan emas, jam tangan, dan barang-barang elektronik berupa telepon genggam. Ada hal yang unik dengan pasar ini, para pedagangnya akan menutup tempat jualan mereka, lalu menggelar sajadah ketika waktu shalat tiba.

4.    Pusat perbelanjaan Bin Dawood

Pusat perbelanjaan ini terletak di daerah Aziziyah, Misfalah, Sulaymaniyah, dan Ajyad. Berbagai barang dan kebutuhan dijual di tempat tersebut dengan harga bersaing. Seperti halnya di supermarket Indonesia, tempat ini menawarkan potongan harga ketika pembelinya membeli barang dalam jumlah yang besar.

Redaktur : Agung Sasongko
Reporter : mgrol84