Insiden Mina
Menag Minta Maaf Kepada Keluarga Korban Insiden Mina
Selasa , 29 September 2015, 02:50 WIB

Yasin Habibi/ Republika
Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH -- Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin meminta maaf pada keluarga jamaah haji Indonesia atas proses pencarian serta identifikasi korban insiden Mina yang lamban.

“Kepada keluarga korban, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya dan mohon kesabaran bahwa kami di sini bekerja 24 jam dan terus berupaya semaksimal dan seoptimal mungkin sehingga pada akhirnya bisa mengungkap seluruh korban yang merupakan warga negara Indonesia,” urai Menag, Senin (28/9).

Kelambatan proses informasi tersebut, diakuinya karena ada sejumlah aturan serta tahapan yang harus ditempuh sesuai ketentuan negara Arab Saudi. Tentu saja, ujar Menag, kondisi tadi membuat tim petugas haji yang dikerahkan tidak leluasa untuk melakukan hal-hal tertentu.

“Saya tidak tahu negara lain melakukan verifikasi, identifikasi, tapi yang kami lakukan seperti ini. Sampai saat ini dengan segala keterbatasan kami berterima kasih kepada Pemerintah Arab Saudi terkait pemberian sejumlah akses. Tapi, kami memaklumi prosesnya tidak bisa secepat yang diharapkan,” ungkap Menag.

Redaktur : Indah Wulandari
Reporter : Ratna Puspita