Rabu , 12 April 2017, 21:42 WIB

1.500 Jasad Suku Yazidi Ditemukan di Kuburan Massal Sinjar

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Wanita yazidi di pengungsian
Wanita yazidi di pengungsian

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Sekitar 1.300 hingga 1.500 jasad suku Yazidi ditemukan di dekat kota Sinjar, Irak, Selasa (11/4). Jasad-jasad tersebut ditemukan di beberapa kuburan massal yang diduga digali oleh milisi ISIS.

Juru Bicara Komite Tinggi untuk Yazidi Kurdi Hussein Hassoun mengatakan, selain 35 lima kuburan massal, di Sinjar juga ditemukan sekitar 100 kuburan individu. "Untuk kuburan massal masing-masing terpisah jarak antara lima hingga sepuluh kilometer," ungkapnya seperti dilaporkan laman CNN, Rabu (12/4).

Menurut Hassoun kebanyakan jasad suku Yazidi tersebut telah lebur di dalam kuburan. Sehingga para pejabat hanya dapat memprediksi jumlah korban tewas hingga saat ini.

Pada Agustus 2014 lalu, milisi ISIS menyerbu daerah Sinjar. Tak hanya menggusur dan memperbudak suku Yazidi di sana, ISIS juga membantai mereka. Tak mengherankan bila terdapat cukup banyak kuburan massal di Sinjar.

Pada 2015, ISIS berhasil didepak dan diusir dari Sinjar. Kemudian pada 2016 PBB merilis laporan bahwa ISIS bertanggung jawab karena telah melakukan genosida terhadap suku Yazidi.