Rabu , 05 April 2017, 03:02 WIB

Paus akan Kunjungi Al Azhar Kairo

Rep: Marniati/ Red: Budi Raharjo
EPA
Paus Fransiskus
Paus Fransiskus

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO -- Paus Fransiskus dijadwalkan akan berkunjung ke Kairo, Mesir, pada 28 April mendatang. Paus akan berkunjung ke Kairo selama dua hari di mana ia akan bertemu dengan Presiden Mesir Abdel-Fattah El-Sisi dan para pemimpin agama di negeri tersebut.

“Mesir menyambut Paus Fransiskus pada kunjungan pertamanya ke Kairo dan berharap kunjungan penting ini akan memberikan kontribusi untuk membangun perdamaian dan menyebarkan prinsip-prinsip toleransi dan koeksistensi,” ujar juru bicara kepresidenan Alaa Yousef seperti dilansir english.ahram.org.eg.

Saat berada di Mesir, Paus dijadwalkan akan berkunjung ke Al-Azhar di mana ia akan bertemu dengan Imam Ahmed El-Tayyeb dan mengambil bagian dalam konferensi internasional tentang perdamaian yang diselenggarakan oleh Al-Azhar.

Paus juga akan bertemu dengan Ortodoks Koptik Paus Tawadros II dan berpartisipasi dalam layanan doa untuk para korban pemboman di gereja Katedral Koptik Desember lalu. Doa bersama akan diadakan di gereja Santo Petrus dan Gereja St Paul yang berdekatan dengan kompleks Katedral Koptik utama di pusat kota Kairo.

Dalam insiden ini, 27 orang, kebanyakan perempuan dan anak-anak tewas dalam serangan bom bunuh diri, yang kemudian diklaim oleh kelompok militan Negara Islam. Dalam kunjungannya nanti, Paus Fransiskus juga akan bertemu dengan pendeta dari Gereja Katolik Mesir.

Kunjungan Paus akan bertepatan dengan peringatan 70 tahun dimulainya hubungan diplomatik antara Mesir dan Vatikan.