Kamis, 5 Safar 1436 / 27 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Hotel di Madinah Terbakar, 15 Jamaah Umroh Meninggal Dunia

Senin, 10 Februari 2014, 04:56 WIB
Komentar : 0
Arab News
hotel ishraq al-madina,
hotel ishraq al-madina,

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Sebanyak 15 jama’ah umroh meninggal dunia dan 130 lainnya terluka dalam suatu kebakaran di hotel di Madinah pada Sabtu, ujar Gubernur Madinah dalam pernyataan resminya.

Kebakaran itu terjadi di Hotel Ishraq Al-Madina, pada pukul 02.33 waktu setempat. Saksi mata menyatakan para korban berasal berbagai negara, kebanyakan Mesir dan Turki.

Para pemadam kebakaran Pertahanan Sipil dapat memadamkan api pada pukul 05.00 waktu setempat tutur Gubernur. Gubernur Madinah, Pangeran Faisal bin Salman telah mengikuti insiden itu. Investigasi untuk memastikan penyebab kebakaran telah diumumkan.

Laporan-laporan pendahuluan mengindikasikan kebakaran terjadi karena arus pendek selama pekerjaan pemeliharaan berlangsung.
   
Tiga puluh orang yang terluka menjalani perawatan di Rumah Sakit King Fahd dan Rumah Sakit Anshar. Merujuk pada salah satu laporan, Ansar menerima empat korban meninggal dan 91 orang terluka.

Hampir semua korban meninggal dunia karena mati lemas. Ada sekitar 700 orang tamu di hotel itu saat kebakaran. Beberapa korban terjebak di dalam hotel saat memanjat ke atap gedung.  

Jama’ah asal India yang tinggal di dekat gedung menyatakan ia melihat gumpalan asap hitam yang amat besar keluar dari hotel setelah ia kembali dari Masjid Nabi sekitar
pukul 02.45 pm.

“Kami melihat sejumlah orang melambaikan tangan untuk meminta pertolongan. Kami juga melihat beberapa pemadam kebakaran ikut serta dalam operasi penyelamatan. Sejumlah orang telah berkumpul di depan hotel. Itu adalah pemandangan yang menakutkan,” tuturnya.

Terdapat sejumlah laporan yang bertentangan tentang jumlah orang-orang Mesir yang luka dan meninggal dunia. Ahmed Zaki, pejabat Konsulat Mesir di Jeddah, menyatakan mereka telah menerima informasi tentang kematian empat orang Mesir. Laporan lainnya menyatakan sebanyak 12 dari 15 korban adalah warga Mesir.

Duta Besar Mesir, Afifi Abdel Wahab, seperti dikutip sebuah saluran televisi Mesir melaporkan “15 warga Mesir meninggal dunia akibat kebakaran itu”.

Pangeran Faisal memerintahkan tamu-tamu hotel untuk direlokasi.

Reporter : m ibrahim hamdani
Redaktur : Taufik Rachman
“Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpah itu sesudah meneguhkannya….”(QS An-Nahl: 91)
FOTO TERKAIT:
VIDEO TERKAIT:
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Menteri Susi: Laut Terpanjang Kedua Dunia, Hasil Laut Baru Kelima ASEAN
AKARTA -- Indonesia memiliki kawasan laut yang sangat luas. Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiasti bahkan mengatakan, kelautan dan perikanan bisa membawa Indonesia...

Berita Lainnya

Iran Matikan PLTN Busheir Untuk Pergantian Bahan Bakar

Evakuasi Pengungsi Homs Diwarnai Kontak Senjata