Sabtu, 8 Muharram 1436 / 01 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Mesir Berencana 'Jual' Piramida

Sabtu, 02 Maret 2013, 09:02 WIB
Komentar : 0
travlang.com
Piramida-Piramida Mesir.
Piramida-Piramida Mesir.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Pemerintah Mesir memutuskan untuk memberikan hak sewa dan pengelolaan situs-situs purbakala kepada pihak asing. Kementerian Keuangan Mesir mengusulkan langkah tersebut guna mengatasi krisis ekonomi.

Sekretaris Jenderal Peninggalan Benda Purba di Mesir, Adel Abdel Sattar membenarkan adanya usulan tersebut. Penawaran itu kata dia terdiri dari pengelolaan situs purba seperti Piramida Giza, Sphinx, Kuil Abu Simbel dan Kuil Kuno di Lembah Luxor.

Dalam siarannya di Mesir OnTV, Sattar mengatakan negara sedang kewalahan mengalokasikan anggaran perawatan dan pengelolaan aset sejarah paling berharga di negeri tersebut. ''Ini adalah solusi tercepat menghasilkan dana untuk mengakhiri krisis,'' katanya seperti dilansir Alarabiya, Jumat (1/3).

Krisis keuangan pascarevolusi 2011 di Mesir masih menggerogoti Negeri Piramida ini. Industri pariwisata sebagai penghasil devisa nomor wahid, nyaris lumpuh lantaran kericuhan politik yang intens setahun belakangan.

Pemerintah mati-matian mengembalikan kelesuan ekonomi tersebut. Upaya peminjaman dana talangan dari Bank Dunia dan Lembaga Moneter Internasional (IMF) belum mencapai titik terang.

Alarabiya melansir, sewa-menyewa ini ditanggapi oleh beberapa negara di Teluk Arab. Pemerintahan Qatar menawarkan biaya senilai 200 miliar dolar Amerika Serikat (AS) untuk menyewa situs-situs purba itu selama lima tahun.

Angka tersebut sebanding dengan rencana Presiden Muhammad Mursi untuk berhutang kepada IMF sebesar 350 miliar dolar AS. Namun Sattar menolak mengiyakan keterlibatan Pemerintahan Abu Dhabi tersebut.

Sementara itu, Dewan Agung peninggalan Benda Purba menentang rencana itu. Lembaga eksekutif tersebut menilai langkah tersebut adalah bentuk kemalasan mencari solusi resesi. Dewan Agung juga menyurati Kementerian Keuangan untuk menarik rencana tersebut.

Reporter : Bambang Noroyono
Redaktur : Fernan Rahadi
Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga, mereka kekal di dalamnya. (QS Al-Baqarah [2[:82)
FOTO TERKAIT:
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Soal DPR Tandingan, Ketua DPD:Tunjukkan Semangat Merah Putih untuk Indonesia Hebat
JAKARTA -- Koalisi Indonesia Hebat (KIH) membentuk DPR tandingan. Kepada wartawan, Jumat (31/10) ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman turut prihatin. Ia...