Sabtu, 29 Desember 2012, 10:03 WIB

Militer Iran Mulai Beraksi di Selat Hormuz

Red: Abdullah Sammy
REUTERS
Kapal milik Angkatan Laut Iran.
Kapal milik Angkatan Laut Iran.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Enam kapal militer Iran melesat di selat Hormuz. Sedangkan, ratusan tentara angkatan laut Negara Mullah itu telah bersiaga. Beberapa di antaranya memegang senjata laras panjang. Inilah aksi latihan perang militer tentara Iran yang berlangsung pada Jumat (28/12) kemarin.

Latihan militer Iran langsung dipimpin oleh Komandan Angkatan Laut Iran, Habibollah Sayyari. Seperti dilansir Aljazeera, latihan militer Iran berlangsung hingga Rabu (2/1) mendatang. "Latihan akan berlagsung di perairan selusas 1 juta kilometer persegi yaitu di Selat Hormuz, Teluk Oman, dan Samudera Hindia," jelas sumber resmi militer Iran seperti dikutip kantor berita IRNA.

Sayyari menjelaskan bahwa latihan itu adalah persiapan untuk melindungi wilayah teritorial Iran. Selain itu, latihan perang juga bertujuan untuk mengamankan jalur logistik ekonomi Iran, terutama jalur keluar-masuk kapal penangkut minyak.

Iran sendiri telah memperingati setiap kapal yang melintas agar menghindari jalur yang digunakan militer untuk latihan. Sayyari membantah latihan ini adalah provokasi Iran bagi negara lain, terutama Israel.

Walau begitu, bisa dipastikan bahwa latihan militer Iran ini akan menambah ketegangan di Selat Hormuz. Sebelumnya Israel dan Amerika juga telah melakukan latihan serupa di dekat perairan Iran.