Selasa, 7 Zulqaidah 1435 / 02 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

Dituding Serang Drone AS, Ini Jawaban Iran

Jumat, 09 November 2012, 20:16 WIB
Komentar : 0
gizmag.com
Pesawat tanpa awak AS/ilustrasi
Pesawat tanpa awak AS/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Dituding serang pesawat tanpa awak (Drone) milik AS, Iran membela diri. Negara pimpinan Mahmoud Ahmadinejad tersebut mengklaim drone AS tersebut memasuki dan melanggar wilayah udara Iran.

Wakil Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran, Brigadir Jenderal Masoud Jazayeri menjawab tudingan Markas Besar Departemen Pertahanan AS, Pentagon yang menyatakan pesawat Iran menembak drone AS pekan lalu. Drone yang terbang di atas Teluk Persia tersebut, telah memasuki kawasan udara Negeri Para Mullah tersebut.

Jazayeri mengatakan pihaknya selalu menghadapi segala objek terbang yang memasuki kawasan udara Iran. Tembakan tersebut, merupakan respon Iran atas pelanggaran Drone AS yang memasuki kawasan udara Iran.

"Para pembela Republik Islam (Iran) akan merespon tegas terhadap segala bentuk pelanggaran melalui darat, laut maupun udara. Jika ada pesawat asing mencoba memasuki wilayah udara kami, angkatan bersenjata kami akan berurusan dengan mereka," ujarnya seperti dikutip Kantor Berita Fars Iran.

Pentagon sebelumnya mengatakan, pesawat Iran menembaki Drone AS Kamis, 1 November di kawasan udara internasional. Pentagon mengklaim pesawat tanpa awak tersebut, saat itu sedang bertugas melakukan pengintaian di atas perairan Teluk Arab sekitar 16 nautika mil, atau sekitar 29,6 kilometer di lepas pantai Iran.

"Kami yakin mereka menembakkan sedikitnya dua kali dan membuat sedikitnya dua lintasan," tutur Juru Bicara Pentagon, George Little.

Menteri Pertahanan AS, Leon Panetta mengatakan AS telah mengirim peringatan kepada Pemerintah Iran terkait insiden tersebut. Ia pun mengatakan akan mempertahankan aset militer dan akan terus mengirim pesawat dalam operasi pengintaian.

Reporter : Afriza Hanifa
Redaktur : Karta Raharja Ucu
Sumber : Reuters/AP
Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu(QS.Al-Baqarah:45)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Normalisasi Kebijakan Fiskal AS dan Subsidi BBM Indonesia
Analis dan pelaku pasar di Amerika menunggu langkah pemerintah selanjutnya dalam menangani subsidi BBM. Investor sedang mencari kesempatan menanamkan modal, di saat bursa...