Rabu, 25 Juli 2012, 15:45 WIB

Iran Ancam Serang Negara-negara Arab Jika Intervensi Suriah

Red: Djibril Muhammad
AP
Bashar al Assad dan istrinya Asma Assad
Bashar al Assad dan istrinya Asma Assad

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN - Hasrat negara-negara Arab untuk mengintervensi Suriah sepertinya tidak akan berjalan mulus. Sebab, ada beberapa negara sekutu yang akan memasang badang terkait langkah negara-negara Arab tersebut.

Salah satunya adalah Iran. Negeri Mullah yang merupakan barisan negara pendukung Suriah selain, Rusia dan Cina dengan tegas menolak rencana tersebut. Bahkan, melalui Komandan Garda Revolusinya, Jenderal Masoud Jazayeri, Iran memperingatkan negara-negara Arab untuk tidak melakukan niatnya tersebut.

Jika hal tersebut tidak diindahkan alias dilakukan, maka Iran meyakinkan akan melakukan serangan balasan. Hal itu disampaikan dia, kepada Kantor Berita Fars, Selasa (24/7).

Ia menambahkan, rezim Presiden Suriah Bashar Al Assad memiliki teman di wilayah (Timur Tengah) yang siap siaga untuk melakukan serangan balasan, terutama terhadap negara-negara Arab yang menebarkan kebencian.

Kendati demikian, Jazayeri tidak menyebutkan manakah negara Arab yang akan melakukan intervensi terhadap Suriah. Negara-negara di Teluk, seperti Arab Saudi, Qatar mendukung pemberontak Suriah, sementara Iran merupakan negara kunci yang menopang Bashar Al Assad.

Sumber : AP/CBSnews.com