Kamis, 19 Zulqaidah 1436 / 03 September 2015
find us on : 
  Login |  Register

Kunjungi Mesir, Hillary Clinton Temui Mursi

Sabtu, 14 Juli 2012, 22:14 WIB
Komentar : 6
AP
Menteri Luar Negeri AS, Hillary Rodham Clinton.
Menteri Luar Negeri AS, Hillary Rodham Clinton.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton, tiba di Mesir, Sabtu (14/7) untuk mengadakan pembicaraan dengan Presiden baru Mesir, Mohammed Mursi.

Ini akan menjadi kunjungan Hillary yang kedua semenjak pemberontakan rakyat Mesir terhadap rezim Hosni Mubarak.

Kedatangan Clinton di tengah situasi yang memanas antara Mursi dan militer setelah Mursi menerbitkan dekrit untuk mengaktifkan kembali parlemen yang dibekukan oleh militer.

"Orang-orang Mesir harus memperoleh apa yang mereka perjuangkan, dan pemerintah yang mereka pilih adalah pembuat keputusan bagi negara untuk melangkah," ungkap Hillary.

Hillary akan melakukan kunjungan dua hari. Selain bertemu Presiden dari Ikhwanul Muslimin, ia juga akan bertemu masyarakat sipil serta militer. "Kami mendesak dialog dan upaya bersama untuk mencari jalan keluar. Semua opsi harus dilakukan, jangan sampai masalah ini bisa menggagalkan transisi," imbuhnya.

Parlemen Mesir dibubarkan bulan lalu oleh Mahkamah Agung atas dorongan militer, sehari sebelum pemilu presiden putaran kedua digelar yang dimenangkan oleh Mursi.

Dalam kunjungannya, Hillay berjanji tetap berkomitmen untuk bekerjasama dengan Mesir, baik pemerintah maupun masyarakat sipil untuk menyelesaikan transisi.






Reporter : Lingga Permesti
Redaktur : Chairul Akhmad
Sumber : Al-Arabiya/AFP
Hadis riwayat Abu Musa ra., ia berkata: Aku pernah bertanya: Wahai Rasulullah, Islam manakah yang paling utama? Rasulullah saw. bersabda: Orang yang kaum muslimin selamat dari lisan dan tangannya. (HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Urusan Visa Selesai, Jamaah Haji Khusus Maktour Berangkat
TANGERANG -- Maktour akhirnya melepas jamahnya pada Rabu (2/8). Ini menjadi keberangkatan pertama dari jamaah Maktour. Direktur Operasional Maktour,  Ismail Adan Mahsyur mengatakan...