Saturday, 28 Safar 1436 / 20 December 2014
find us on : 
  Login |  Register

Hubungan Dagang Iran-Irak Makin Erat

Thursday, 24 May 2012, 06:55 WIB
Komentar : 2
zimbio.com
Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad dengan PM Irak Nouri Al-Maliki
Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad dengan PM Irak Nouri Al-Maliki

REPUBLIKA.CO.ID, Duta Besar Iran untuk Baghdad Hassan Danaifar menyatakan volume transaksi perdagangan antara Teheran dan Baghdad tahun lalu mencapai lebih dari $11 miliar.

 Danaifar mengatakan ekspor listrik, produk olahan minyak, termasuk solar dan minyak tanah, menyumbang tiga miliar dolar dari angka total, sementara ekspor nonmigas mencapai $8 miliar.

Dia menambahkan bahwa lebih dari 1,4 juta orang Iran pergi ke Irak tahun lalu.Dari jumlah tersebut sebanyak 1,2 juta orang melakukan kunjungan ke kota-kota suci seperti Karbala dan Najaf, sedangkan sisanya mengunjungi  wilayah Kurdistan.

"Sekitar 740.000 warga Irak pergi ke Iran selama periode tersebut, yang merupakan angka yang cukup besar, mengingat penduduk Irak lebih dari 30 juta orang," tegas Danaifar.

Diplomat Iran itu menyatakan bahwa perusahaan penerbangan Iran dan Irak  dalam sepekan melayani 140 penerbangan antara Tehran dan Baghdad.

Redaktur : Hafidz Muftisany
Sumber : irib indonesia
Seorang wanita masuk neraka karena mengikat seekor kucing tanpa memberinya makanan atau melepaskannya mencari makan dari serangga tanah((HR. Bukhari))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Gerakan Kelompok Ekstrimis, Din: Lawan dengan Ideologi
JAKARTA -- Menghadapi kelompok ekstrimis tak cukup dengan saling mengecam. Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, Din Syamsudin menjelaskan harus ada tanding ideologi. Ia...