Kamis, 10 Sya'ban 1439 / 26 April 2018

Kamis, 10 Sya'ban 1439 / 26 April 2018

Sejarah Hari Ini: Socrates Dihukum Mati karena Dinilai Merusak Pikiran

Rabu 15 Februari 2017 12:48 WIB

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah

Socrates.

Socrates.

Foto: Independent

REPUBLIKA.CO.ID, Pada 15 Februari 399 SM filsuf Socrates dihukum mati oleh Kota Athena. Seperti dilansir On This Day, ia dihukum mati karena dinilai merusak pikiran pemuda kota dan tak memiliki rasa hormat.

Saat mau dihiukum mati, Socrates memilih tak melarikan diri. Ia menghabiskan hari-hari terakhirnya untuk berkumpul dengan teman-temannya sebelum akhirnya meminum secangkir minuman beracun dari algojo.

Socrates merupakan filsuf yang lahir di Athena, Yunani. Ia adalah generasi pertama dari tiga ahli filsafat besar dari Yunani, yaitu Socrates, Plato, dan Aristoteles. Socrates merupakan guru Plato.

Selama hidupnya Socrates tak meninggalkan karya berbentuk tulisan. Pengetahuan mengenai ilmu Socrates diambil dari tulisan Plato. Selain itu, pemikiran Socrates juga diketahui dari tulisan-tulisan teman sezamannya dan para pengikutnya.

Ayah Socrates merupakan seorang pembuat patung dari batu bernama Sophroniskos. Sedangkan ibunya bernama Phainarete merupakan seorang bidan. Socrates memiliki seorang istri bernama Xantippe. Ia memiliki tiga orang anak. n dyah ratna meta novia

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES