Jumat , 06 September 2013, 01:15 WIB

Kisah Dr OZ dan Asal Mula Yahudi

Rep: Harun Husein/ Red: M Irwan Ariefyanto
oprah
Dr Mehmet Cengiz Oz dan istrinya
Dr Mehmet Cengiz Oz dan istrinya

REPUBLIKA.CO.ID, Kenal Dr Oz? Dokter ahli bedah yang nama lengkapnya Mehmet Cengiz Oz, ini beberapa kali muncul pada acara Oprah Winfrey Show dan Larry King Show. Dia seorang Muslim Amerika. Tapi, setelah dilakukan tes DNA terhadapnya, asal usul nenek moyangnya ternyata sama dengan Mike Nichols, seorang Yahudi Amerika.

Informasi tersebut tak pelak membuat Dr Oz terkesima. Mimik tersebut terlihat jelas pada video berjudul DNA Testing for Jew and Muslim, yang diunggah di situs berbagi video Youtube.

Bukti genetik ini mengonfirmasi cerita Biblikal yang menyatakan Muslim dan Yahudi berasal dari leluhur yang sama, yaitu Ibrahim, Ismail, dan Ishak, papar host acara tersebut kepada Dr Oz. Menurut penelusuran Republika, video pendek ini berasal dari program The Faces of America yang diproduksi Public Broadcasting Service (PBS), jaringan televisi nonprofit di Amerika, yang beranggotakan lebih dari 300 stasiun televisi. Program ini menelusuri latar belakang dan sejarah keluarga sejumlah orang terkenal Amerika, secara genetika. Tentang siapa mereka, dan dari mana mereka sebenarnya berasal.

Ada 12 orang yang ditelusuri asal-usulnya dalam acara yang ditayangkan berseri pada 10 Februari hingga 3 Maret 2010 itu. Selain Dr Oz, orang beken Amerika lainnya yang jadi sampel ada lah Elizabeth Alexander, Mario Batali, Stephen Colbert, Louise Erdrich, Malcolm Gladwell, Eva Longoria, Yo-Yo Ma, Mike Nichols, Queen Noor of Jordan, Meryl Streep, dan Kristi Yamaguchi. Untuk keperluan penelusuran itu, PBS bekerja sama dengan 23andMe, sebuah perusahaan bioteknologi terkemuka di Amerika, yang test kit genome-nya dikukuhkan sebagai ‘temuan tahun ini’ oleh majalah Time pada 2008 lalu.

Yang menjadi host acara ini pun bukan orang sembarangan, tapi seorang profesor jebolan Harvard, yaitu Henry Louis Gates Jr. Mike Nichols yang berbagi silsilah nenek moyang yang sama dengan Dr Oz, adalah seorang produser dan sutradara beken peraih Oscar. Ma sing-masing orang tuanya adalah Yahudi Jerman dan Yahudi Rusia. Salah satu film terkenal Mike adalah Charlie Wilson’s War, yang berkisah soal sepak terjang senator Amerika membantu Muslim Afghanistan melawan invasi Soviet. Film ini dibintangi aktor kawakan, Tom Hanks.

Lalu, apa komentar Dr Oz terhadap kesamaan tersebut? Surprise. Bagi saya, jenis informasi seperti ini bisa mengubah dunia, agar Muslim dan Yahudi mengenal diri mereka, betapa dekatnya mereka, kata pemandu acara Dr Oz Show di salah satu stasiun televisi Paman Sam, itu. Sepintas, tak ada masalah pada video tersebut. Kitab suci dan catatan sejarah memang mengabarkan bahwa orang Arab Muslim dan orang Yahudi mempunyai leluhur yang sama.

Ada yang mentrace kesamaan leluhur ter sebut sejak era generasi pertama keturunan Nabi Nuh. Bahwa, orang Arab dan Yahudi merupakan keturunan Shem, salah satu anak Nabi Nuh. Dari sinilah muncul istilah bangsa Shemitic, yang dinisbatkan kepada orang Arab dan Yahudi. Jika informasi genealogi sejak era anakanak Nuh itu sedikit kabur, masih ada informasi lain yang sangat terang benderang: orang Yahudi dan orang Arab merupakan keturunan Nabi Ibrahim.

Ibrahim atau Abraham adalah figur yang sangat dihormati Muslim, Yahudi, dan Nasrani. Orang Yahudi adalah keturunan Ibrahim dari garis Nabi Ishak dan Nabi Ya’kub (Israel). Sedangkan, orang Arab keturunan Ibrahim dari garis Nabi Ismail. Nah, di sinilah menariknya. Jika memang Dr Oz memiliki kesamaan asal-usul genetika dengan Yahudi, dia pasti juga keturunan para nabi suci tersebut. Dan, dia pasti berdarah salah satu di antara ke duanya, entah Arab atau Yahudi. Tapi, tunggu dulu. Ternyata Dr Oz bukan orang Arab, juga bukan Yahudi.