Jumat, 18 Jumadil Akhir 1435 / 18 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Antara Israel, Gaza dan Hamas (4 -Habis)

Selasa, 20 November 2012, 17:24 WIB
Komentar : 1
maannews
Reruntuhan Masjid di Gaza yang hancur akibat agresi Israel
Reruntuhan Masjid di Gaza yang hancur akibat agresi Israel

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Jika berhadapan dengan kepentingan Israel di Timur Tengah, Amerika Serikat seperti kerupuk tersiram air. Negeri Koboi itu selalu diplomatis dalam proses perdamaian antara Israel dengan Palestina.

AS tidak ingin terseret dalam konflik di Timteng. Negara pimpinan Barack Obama itu ingin masalah perdamaian Palestina-Israel diselesaikan Mesir dan Turki.

Guna menekan Mesir, AS mengancam akan menahan bantuan keuangan dan alat-alat militer kepada Negeri Piramid jika ogah menuruti permintaan mereka. Sementara kepada Turki, AS meminta Negeri Dua Benua itu terlibat lebih jauh dalam proses perdamaian.

Permintaan itu dinilai AS wajar, mengingat Turki memiliki kedekatan emosional dengan Hamas dan Palestina. Meski hubungan Turki dan Israel sempat menegang pascainsiden Mavi Marmara pada 2010, Turki dinilai laik menjadi penengah demi menciptakan perdamaian antara Israel dan Palestina.

Di sisi lain, Iran terus bekerja keras membendung penurunan pengaruh regionalnya. Pada saat Operasi Cast Lead, Iran terus memperluas lingkup pengaruhnya, dari barat Afghanistan hingga merambah ke Mediterania.

Iran diduga juga memasok persenjataan untuk Hamas. Stratfor melaporkan Hamas tidak akan mampu menyerang Tel Aviv dan Yerusalem dengan roket jarak jauh.

Hal ini bukan karena Iran yang memasok roket-roket melalui Sudan. Hamas kini membawa perlawanan dari Hizbullah dengan harapan mencapai kemenangan simbolis yang tidak berakhir di Gaza.

Sedangkan Israel menyangkal kemenangan Hamas di Gaza. Negeri Zionis juga akan kemungkinan Iran yang akan memanfaatkan kelonggaran Mesir di perbatasan untuk menyelundupkan persenjataan ke Gaza di masa depan.

Israel kini dilema dengan Hamas yang dinilai terus menebar ancaman. Untuk itu, Israel mencoba memusnahkan embrio ancaman Hamas dengan memborbardir Jalur Gaza.

Baca Sebelumnya:

Antara Israel, Gaza dan Hamas (1)

Antara Israel, Gaza dan Hamas (2)

Antara Israel, Gaza dan Hamas (3).

Reporter : Umi Lailatul
Redaktur : Karta Raharja Ucu
Dari Tsauban Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melaknat/mengutuk orang yang menyuap, yang menerima suap dan orang yang menghubungkan keduanya.” ([HR. Ahmad dalam bab Musnad Anshar radhiyallahu ‘anhum])
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar