Ahad , 22 July 2012, 09:34 WIB

Ledakan Guncang Pipa Saluran Gas ke Israel

Red: Didi Purwadi
JTA
Pipa yang mengalirkan gas alam dari Mesir ke Israel
Pipa yang mengalirkan gas alam dari Mesir ke Israel

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Satu ledakan pada Ahad mengguncang pipa saluran Mesir yang dibuat untuk menyalurkan gas alam ke Israel dan Jordania. Itu merupakan pipa ke-15 yang telah diserang sejak meletusnya aksi perlawanan pada awal 2011 sehingga menggulingkan presiden Mesir Hosni Mubarak.

Ledakan terjadi pada Ahad dinihari waktu setempat. Lokasinya di At-Tuwail di sebelah timur kota pantai Al-Arish di Sinai. At-Tuwail menjadi titik sebelum pipa tersebut terpisah menjadi beberapa cabang ke Israel dan Jordania.

Beberapa pria bersenjata yang naik truk kecil mendekati pipa saluran itu. Mereka menggali lubang dan memasang peledak di bawahnya. ''Mereka kemudian meledakkannya dari jarak jauh,'' kata seorang pejabat keamanan dan beberapa saksi mata.

Suara ledakan keras bergema ke seluruh daerah tersebut. Warga yang berada dalam radius 30 kilometer mengatakan mereka dapat melihat lidah api akibat gas yang terbakar menjilat ke udara.

Seorang pejabat di perusahaan yang mengoperasikan pipa saluran itu mengatakan eskpor gas ke Israel dan Jordania telah dihentikan. Api berkobar akibat gas yang menumpuk. Namun, penduduk di Al-Arish mengatakan pengiriman gas telah dimulai tiga hari sebelumnya melalui pipa saluran tersebut. 

Sumber : Antara/Reuters