Senin, 21 Jumadil Akhir 1435 / 21 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Mursi Tolak Ucapan Selamat PM Israel

Senin, 02 Juli 2012, 00:23 WIB
Komentar : 19
 Presiden Mesir terpilih Muhammad Mursi menyampaikan pidato politiknya di depan puluhan ribu pendukungnya yang berkumpul di Tahrir Square, Kairo.   (Reuters)
Presiden Mesir terpilih Muhammad Mursi menyampaikan pidato politiknya di depan puluhan ribu pendukungnya yang berkumpul di Tahrir Square, Kairo. (Reuters)

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Presiden Mesir, Muhammad Mursi dilaporkan menolak kontak telepon dari Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu yang ingin menyampaikan ucapan selamat atas kemenangannya sebagai presiden terpilih Mesir. Netanyahu pun meminta agar Gedung Putih melakukan intervensi dalam masalah ini.

Kabar penolakan itu menjadi headline di sejumlah media massa Israel, Ahad (1/7). Infopalestina.com melaporkan, sumber Israel menyebutkan, secara pribadi Netanyahu meminta kepada Obama untuk menekan Mursi, agar menerima telepon darinya guna berlanjut pada pembicaraan terkait koordinasi keamanan politik dan menghormati kesepakatan-kesepakatan yang diteken antara Israel dan Mesir, terutama perjanjian Camp David.

Jubir Ikhwanul Muslimin (IM) di Mesir, Mahmud Ghazlan secara terpisah menegaskan, pihaknya tidak akan mengakui Israel. Dalam konteks terkait, ia menegaskan, menjabatnya Mursi menjadi Presiden Mesir tidak akan mengubah prinsip-prinsip IM sama sekali, terutama terkait dengan pengakuan terhadap Israel.

"Kami tidak akan mengakui Israel," tegas Mahmud kepada Quds Press, Ahad (1/7).

"Kami akan mendukung perlawanan legal dengan cara-cara legal, kami mendukungnya secara politik dan media serta mengakui haknya dalam membela diri karena hak itu diakui oleh perjanjian internasional."

Pernyataan Ghazlan menjawab kekhawatiran para pendukung IM atas penegasan Mursi soal komitmennya terhadap perjanjian internasional, terutama Camp David. Para pendukung IM khawatir komitmen Mursi merupakan pintu awal pengakuan IM terhadap eksistensi Israel.

Reporter : Agung Sasongko
Redaktur : Karta Raharja Ucu
Sumber : infopalestina.com
“Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpah itu sesudah meneguhkannya….”(QS An-Nahl: 91)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  oom istikomariah Rabu, 4 Juli 2012, 14:24
Subhanallah... Netanyahu tak punya hak untuk memaksa dan intervensi! Saatnya Islam bangkit keluar dari intervensi dan intimidasi Israel! Semoga Mursi diteguhkan Allah dengan dukungan umat Islam. Amin...
  Asep Jamaludin Selasa, 3 Juli 2012, 22:21
Allahu Akbar... Mulai bangkit Islam dari belahan bumi mesir... berangus israel biadab... yg cuma jadi anak setan
  Emil Selasa, 3 Juli 2012, 13:14
Alhamdulillah... Dengan mursi menjabat presiden mesir, akan menjadi sedikit titik tetang buat rakyat palestina..
  Muhammad Muhlis Selasa, 3 Juli 2012, 11:07
alhamdulillah, ini baru pemimpin islam, bisa tegas dengan zionis, semoga Allah swt membrikan kekuatan pada tn Mursi, dan menjadikan dirinya sebagai saifullah modern
  burhan ali Senin, 2 Juli 2012, 22:59
dengan sikap tegas mursi dan im,kita berharap agar israil tidak lagi menjadi pembunuh rakyat palestina setiap tahun.

  VIDEO TERBARU
Fitur Kamera Jadi Pertimbangan Memilih Ponsel Pintar
AKARTA-- Fitur kamera yang tinggi menjadi salah satu pertimbangan seseorang memilih ponsel pintar. Untuk itu, Acer Liquid E3 menjadikan kamera sebagai salah satu...