Sunday, 5 Ramadhan 1439 / 20 May 2018

Sunday, 5 Ramadhan 1439 / 20 May 2018

AS-Israel Akan Gelar Latihan Militer Terbesar

Senin 25 June 2012 15:21 WIB

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Dewi Mardiani

Tentara Israel berjalan dekat tank Merkava

Tentara Israel berjalan dekat tank Merkava "Mark 4" saat menggelar latihan perang di Gurun Arava, Eilat, Israel selatan, guna persiapan menghadapi Iran.

Foto: AP/Dan Balilty

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV – Israel dan Amerika Serikat (AS) dilaporkan tengah merencanakan sebuah latihan perang terbesar sepanjang sejarah kerja sama militer kedua negara. Latihan bersama itu disebut akan digelar pada Oktober mendatang dengan melibatkan ribuan tentara dari kedua negara.

The Times of Israel, Senin (25/6) melansir, seorang petinggi militer AS, Letjen Craig A Franklin, telah membentuk komite representatif untuk membahas lebih lanjut rencana latihan militer itu dalam kunjungannya ke Israel beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan itu, AS disebut telah setuju untuk melibatkan 3.000 personel militernya dalam latihan itu.

Salah satu kegiatan yang dijadwalkan dalam latihan adalah simulasi serangan dari pihak luar ke wilayah Israel. Dalam simulasi, Israel akan diserang ratusan roket dari Iran dan Suriah pada waktu yang bersamaan.

Israel akan mempertunjukkan versi terbaru sistem pertahanan Arrow 2. Sedangkan AS akan membawa sistem pertahanan anti-roket balistik Aegis dan pertahanan anti-serangan udara PAC-3 Patriot.

Latihan bersama ini memberi sinyal kepada Iran bahwa AS dan Israel akan segera menerapkan tindakan militer setelah sanksi ekonomi atas program nuklirnya tidak digubris.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA