Monday, 5 Jumadil Awwal 1439 / 22 January 2018

Monday, 5 Jumadil Awwal 1439 / 22 January 2018

Jepang Desak Suu Kyi Pulihkan Kondisi Muslim Rohingya

Jumat 12 January 2018 15:35 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Teguh Firmansyah

Aung San Suu Kyi.

Aung San Suu Kyi.

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono menyampaikan keprihatinannya terhadap minoritas Muslim Rohingya. Hal tersebut dia sampaikan langsung kepada Pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi.

Keprihatinan itu dia sampaikan dalam sebuah pertemuan pada Jumat (12/1) di ibu kota Naypyidaw. Salah satu agenda kedatangan Taro Kono ke Myanmar adalah untuk membahas nasib etnis Rohingya.

Jepang, kata dia, mendesak Pemerintah Myanmar untuk segera memperbaki situasi kemanusiaan yang terjadi di Rakhine. Ini menyusul pernyataan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menemukan adanya upaya pembersihan etnis di kawasan tersebut.

Baca juga, Aung San Suu Kyi: Tak Ada Pembersihan Etnis Rohingya.

Dia juga meminta Aung San Suu Kyi untuk mempercepat proses repatriasi para pengungsi Rohingya dari Bangladesh. Taro mengatakan, Jepang siap membantu pemerintah terkait Rohingya dan pendirian negara demokratis Myanmar.

Dalam kesempatan itu, Pemerintah Jepang juga mengumumkan pemberian dana bantuan kepada Myanmar sebesar 2,2 juta poundsterling. Kucuran dana tersebut digelontorkan guna membantu kehidupan minoritas Muslim yang telah pulang ke Myanmar dari Bangladesh.

Seperti diketahui, Lebih dari 600 ribu minoritas muslim Rohingya telah melarikan diri dari Myanmar ke Bangladesh. Mereka kabur guna menghindar dari kekerasan yang dilakukan militer. Pemerintah Myanmar tidak mengakui status kewarganegaraan mereka meskipun sudah lama tinggal di Rakhine.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES