Ahad , 03 January 2016, 13:00 WIB

Palembang Siap Gelar Laga 11 Cabang Asian Games

Red: operator

REPUBLIKA.CO.ID,Palembang Siap Gelar Laga 11 Cabang Asian Games

MASPRIL ARIES 

PALEMBANG, Walau mendapat pujian soal kesiapan sebagai tuan rumah Asian Games 2018, Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Alex Noerdin mengaku tidak akan terlena. Alex mengaku fokusnya kini adalah mempersiapkan diri sebagai tuan rumah 11 cabang olahraga di Asian Games mendatang.

\"Sekarang kami fokus mempersiapkan berbagai fasilitas untuk 11 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Palembang pada Asian Games 2018,\" kata Alex Noerdin, pekan ini, di Palembang.
Menurut Alex Noerdin, ia tidak akan menanggapi berbagai komentar tentang persiapan DKI Jakarta sebagai tuan rumah Asian Games mendatang. Sekalipun ada anggapan Palembang lebih siap dari DKI, Alex mengaku tak ingin memberi respons.

\"Kita sekarang fokus mempersiapkan fasilitas pendukung seperti wisma atlet. Sekarang sudah tiga toweryang dibangun pada SEA Games 2011, kemudian ditambah tiga towerdengan lima lantai dan lima towerdengan 17 lantai yang selesai pertengahan 2017,\"
ujarnya.

Selain fasilitas pendukung, ibu kota Provinsi Sumsel telah mempersiapkan venueatau tempat pertandingan di kompleks Jakabaring Sport City (JSC).
Lokasi ini terletak di kawasan olahraga terpadu yang memilki luas 325 hektare.

Alex Noerdin juga menjelaskan, untuk Asian Games 2018, kesiapan Palembang sudah mencapai 80 persen.
\"Sekarang kami sedang membangun fasilitas transportasi LRT (light rail transit) 
sepanjang 22 km dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II sampai ke Jakabaring. Dan, juga Jembatan Musi,\" ujar Alex.

Sementara, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) mengajak warga Palembang, Sumatra Selatan, aktif dalam menyukseskan Asian Games. Pada ajang olahraga paling bergengsi di Asia ini, sebanyak 15 ribu atlet dan ofisial akan hadir di Bumi Sriwijaya.

Komisi Finance and Budgeting KOI Harry Warga Negara mengatakan, peran menjadi tuan rumah ini bukanlah pekerjaan mudah. Dua kota yang ditunjuk, yakni Jakarta dan Palembang, menjadi pemegang amanat negara.
\"Peran warga ini sangat vital dalam hal menjaga kondisi agar tetap kondusif karena menjelang penyelenggaraan akan banyak pembangunan infrastruktur di dalam kota,\" kata dia.

Ia mengatakan, kemungkinan besar Kota Palembang akan semrawut untuk sementara karena akan ada pem - bangunan, antara lain, jalur kereta api ringan (LRT), jembatan, jalan tol, rumah sakit, hotel, dan pembangkit listrik.

\"Dukungan dari masyarakat ini akan menjadikan Sumsel sebagai tuan rumah yang sukses,\" kata dia.
Dalam kesempatan itu, KOI membuka acara Karnaval Asian Games 2018 di Benteng Kuto Besak. Ini sekaligus menjadi hiburan pamungkas warga Kota Palembang pada penutup 2015.

Acara bertajuk Road to Asian Games itu menampilkan pagelaran musik dan kebudayaan. Kawasan wisata Benteng Kuto Besak pun dipadati warga untuk menyaksikan rangkaian acara karnaval pada akhir pekan ini. (antara, ed:abdullah sammy)