Rabu , 04 October 2017, 13:50 WIB

Bicara Isu Rohingya, Mahkota Ratu Kecantikan Myanmar Dicopot

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Ratu kecantikan Myanmar, Shwe Eain Si.
Ratu kecantikan Myanmar, Shwe Eain Si.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Seorang ratu kecantikan di Myanmar mengeluh mahkotanya dicabut akibat komentarnya mengenai krisis Rohingya yang sedang berlangsung.

Miss Grand Myanmar, Shwe Eain Si, sebelumnya mengunggah video yang menuduh militan Rohingya memicu kerusuhan di negara bagian Rakhine.

Menurut pernyataan Shwe Eain Si, panitia kontes mencabut gelarnya karena dia melanggar peraturan kontrak dan tidak berperilaku seperti panutan. Krisis saat ini terjadi saat serangan militan Rohingya di Rakhine pada 25 Agustus memicu pembersihan etnis Rohingya.

Shwe Eain Si, yang mengunggah pernyataan di halaman Facebook-nya mengatakan, alasan untuk mencopot mahkota merupakan keputusan konyol dan kekanak-kanakan. Ia mengatakan, videonya tentang Arakan Rohingya Salvation Army disebut membuatnya tak laik menjadi kontestan yang baik.

Seperti dilansir Channel News Asia, Rabu, (4/10), Shwe Eain Si sangat menyadari konsekuensinya sebelum dia mengunggah video tersebut. Ia merasa  memiliki hak sebagai warga negara untuk berbicara mengenai situasi di Myanmar.

Berita Terkait