Selasa , 03 Oktober 2017, 13:45 WIB

Warga Cina Habiskan Rp 202 Triliun Selama Liburan Pekan Emas

Red: Dwi Murdaningsih
telegraph
Pabrik Nuklir Militer 816, jadi objek wisata baru di Cina.
Pabrik Nuklir Militer 816, jadi objek wisata baru di Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Masyarakat Cina diperkirakan akan menghabiskan uang senilai 96,5 miliar RMB (Rp 202,6 triliun) pada Hari Nasional Cina dirangkai dengan Perayaan Pertengahan Musim Gugur yang dikenal dengan liburan 'Pekan Emas' pada tahun ini. Badan Pariwisata Nasional China (CNTA) melansir selain memecahkan rekor jumlah wisatawan, uang yang dihabiskan masyarakat dalam liburan selama delapan hari pada 1-8 Oktober 2017 itu meningkat 12,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Pada hari pertama Pekan Emas, Ahad (1/10), operator kereta api setempat mencatat jumlah penumpang lebih dari 15 juta.
Selama periode tersebut, lebih dari 115 juta masyarakat Cina memadati objek-objek wisata dalam negeri atau naik 10,5 persen dibandingkan tahun lalu.

Data perusahaan kereta api China (CRC), jumlah penumpang pada hari pertama tersebut naik 4,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya 14,4 juta. Pada Senin (2/10), jumlah penumpang kereta api diperkirakan mencapai 12 juta orang. CRC memperkirakan 130 juta orang akan menggunakan moda transportasi kereta api itu selama periode Pekan Emas yang berlangsung pada 1-8 Oktober 2017.

Kementerian Perhubungan Cina juga memperkirakan bahwa 560 juta masyarakat melakukan perjalanan darat dan 15,9 juta melalui jalur laut. Sementara Badan Penerbangan Sipil Cina (CAAC) memperkirakan lebih dari 13 juta orang menggunakan pesawat pada Pekan Emas tahun ini atau naik 14 persen dibandingkan tahun lalu.

Bandar Udara Internasional Ibu Kota Beijing yang merupakan bandara tersibuk di Cina akan mendapatkan limpahan 3,95 juta penumpang selama musim tersebut. Lebih dari 1.000 penumpang tertinggal pesawat di Bandara Internasional Baiyun, Guangzhou, karena terjebak macet saat dalam perjalanan menggunakan kerera api menuju bandara.

Di Provinsi Jiangsu, polisi mengerahkan 80 unit pesawat nirawak dan 1.000 unit kendaraan patroli untuk memantau kepadatan arus lalu lintas. Drone tersebut bisa membantu mengatasi 52 kasus kecelakaan kecil hingga Ahad (1/10) sore. Polisi khusus kereta api Cina mengamankan 1.350 penumpang tidak bertiket pada Ahad (1/10).

Sekitar 83 ribu lembar tiket kereta api yang dinyatakan palsu juga turut diamankan dalam operasi yang dilakukan oleh 12 ribu personel polsuska selama Pekan Emas. Untuk liburan ke luar negeri, masyarakat Cina menjadikan Rusia, Australia, Amerika Serikat, dan negara-negara di kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur sebagai tujuan. Sementara itu, Thailand menjadi tujuan terfavorit wisatawan Hong Kong yang mengisi liburan Pekan Emas diikuti Jepang, Singapura, dan Vietnam.

 

Sumber : antara

Berita Terkait