Jumat , 15 September 2017, 08:20 WIB

Bangladesh: Bantuan dari Indonesia Sangat Membantu Rohingya

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Nidia Zuraya
Republika/Debbie Sutrisno
Pesawat bantuan untuk masyarakat Rohingya akan diberangkatkan ke Chittagong, Bangladesh, Kamis (14/9).
Pesawat bantuan untuk masyarakat Rohingya akan diberangkatkan ke Chittagong, Bangladesh, Kamis (14/9).

REPUBLIKA.CO.ID, CHITTAGONG -- Pemerintah Bangladesh menghaturkan terimakasih atas bantuan yang telah didatangkan dari Indonesia. Bantuan yang ditujukan untuk masyarakat Rohingya yang ada di Bangladesh akan sangat membantu.

Deputi Komisaris Chittagong Md Zillur Rahman Chowdury mengatakan, tindakan pemerintah Indonesia untuk segera mengirimkan bantuan sangat tepat. Sebab saat ini telah ada lebih dari 500 ribu pengungsi Rohingya yang menyebrang dari Myanmar ke Bangladesh.

"Kami cukup sulit menyediakan tempat penampungan dan makanan, serta hal lainnya langsung kepada semua orang ini (masyarakat Rohingya)," kata Zillur ketika menerima bantuan secara resmi si Bandarw Shah Amanat, kemarin Kamis (14/9).

Zillur mengatakan, meski pemerintah Bangladesh cukup kesulitan memberikan bantuan tapi pihaknya tetap berupaya memberikan dukungan bagi masyarakat Rohingya. Sebab pemerintah Bangldesh merasa prihatin dengan tekanan bagi masyarakat Rohingya dari negaranya sendiri.

Selain Indonesia, sejumlah negara juga telah memberikan sinyal memberi bantuan bagi Rohingya seperti Malaysia, Maroko, India,Azebeijan dan beberapa negara lain.

"Jadi ini respon sangat bagus dan tindakan tepat oleh semua pemerinyahan. Dan yang lebih jelas akan lebih mudah bagi Bangladesh untuk menangank situasi ini," ujarnya.