Selasa , 11 July 2017, 21:48 WIB

Studi: Swedia Tempat Tinggal Terbaik Bagi Imigran

Rep: Puti Almas/ Red: Yudha Manggala P Putra
Bendera Swedia
Bendera Swedia

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Swedia dinobatkan sebagai negara tempat tinggal terbaik bagi imigran di dunia. Menyusul kemudian di posisi kedua ada Kanada dan Swiss.

Dalam sebuah studi melalui US News and World Report, lebih dari 21 ribu orang setuju bahwa Swedia adalah tempat terbaik bagi imigran. Sejumlah kriteria dalam itu dianggap terpenuhi, diantaranya kestabilan ekonomi.

Kemudian sistem kesejahteraan sosial Swedia yang kuat nampaknya menjadi faktor utama para pemilih menunjuk negara itu. Keputusan Swedia untuk menerima pengungsi dalam jumlah besar juga dianggap menunjukkan keragaman masyarakat setempat.

Jumlah imigran di Swedia saat ini diperkirakan mencapai 10 persen dari total penduduk di negara itu. Secara keseluruhan populasi di sana berjumlah 9,8 juta orang.

Berdasarkan data pada 2016, disebutkan juga jumlah warga Inggris yang mengajukan kewarganegaraan Swedia meningkat dua kali lipat. Nampaknya hal ini disebabkan oleh keputusan negara itu untuk keluar dari Uni Eropa atau dikenal dengan istilah British Exit (Brexit).