Sabtu , 01 Juli 2017, 20:30 WIB

Ini Kronologi Pria Inggris Lempar Muslimah dengan Bacon

Rep: Chrystianingsih/ Red: Didi Purwadi
Republika/Mardiah
Illustrasi Islamophobia(18/3).
Illustrasi Islamophobia(18/3).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Seorang pria di Inggris harus mendekam di balik jeruji besi karena menyerang dua wanita Muslim. Laman Independent pada Jumat (30/6) memberitakan pria bernama Alex Chivers tiba-tiba melempar dua remaja Muslim dengan bacon atau potongan daging babi asap.

Peristiwa itu terjadi pada 8 Juni silam di Enfield, London Utara. Kronologinya bermula ketika dua remaja tersebut berjalan dengan ibunya, Chivers tiba-tiba berteriak kepada mereka.

"Sampah!" seru Chivers. "Kalian pantas menerima ini!" lanjutnya sambil melempar potongan daging babi ke arah dua remaja itu.

Pihak berwenang yang menerima laporan ini mengatakan, korban tidak terluka sedikit pun. Namun, tindakan Chivers membuat mereka sangat tertekan.

Setelah peristiwa itu, pelaku ditahan sepekan kemudian. Ia dikenai dua tuduhan atas perbuatan tidak menyenangkan dan ujaran kebencian terhadap suatu agama dan ras. Tindakannya ini dinilai menimbulkan tekanan pada pihak tertentu.

Usai menjalani persidangan di pengadilan, Chivers dihukum kurungan selama 4,5 bulan. Ia juga diwajibkan melakukan kerja sosial selama 12 pekan.

James Payne dari Enfield Community Safety Unit mengungkapkan beberapa orang menyaksikan peristiwa penyerangan oleh Chivers. Orang-orang yang menjadi saksi akan dimintai keterangannya, termasuk rekan-rekan pelaku yang merekam kejadian tersebut.

Kepolisian London menegaskan siapapun yang melakukan ujaran kebencian atau menyerang suatu kelompok akan diseret ke meja hijau. Polisi dan masyarakat akan terus bekerja sama menyelidiki setiap kasus ujaran kebencian dan mendampingi para korban.