Tuesday, 4 Jumadil Akhir 1439 / 20 February 2018

Tuesday, 4 Jumadil Akhir 1439 / 20 February 2018

Larva Efektif Kurangi Sampah Plastik

Rabu 07 October 2015 12:01 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari

Sampah plastik

Sampah plastik

Foto: abc news

REPUBLIKA.CO.ID, Larva ternyata bisa menjadi alat alami untuk mengurangi volume sampah plastik dan styrofoam di planet ini. Penelitian yang diterbitkan di jurnal Environmental Science and Technology memberikan bukti bagaimana sekelompok larva gemuk bisa bertahan hidup dengan memakani plastik di tempat pembuangan sampah.

"Kadang-kadang ilmu pengetahuan itu mengejutkan kita. Ini salah satu kejutannya," kata seorang profesor peneliti plastik di Stanford, Craig Criddle, dilansir dari IFL Science, Rabu (7/10).

Ilmuwan melibatkan 100 ekor larva dan 34-39 miligram styrofoam. Dengan bantuan mikroba usus, larva ini memakani setengah dari sampah ini. Tubuh larva kemudian menyekresikan sampah yang mereka makan dalam bentuk kotoran biodegradable.

Hal yang mengejutkan ilmuwan adalah laporan kesehatan cacing-cacing ini tetap bagus. Mereka bahkan cukup aman digunakan sebagai pupuk tanaman. Penelitian lebih lannjut diperlukan untuk membuktikan hal ini lebih ilmiah.

Ahli dari Universitas Stanford, Wei Min Wu menambahkan temuan baru ini bisa memecahkan masalah polusi plastik global. Di Amerika Serikat saja, lebih dari 33 juta ton sampah plastik dibuang ke tempat pembuangan sampah setiap tahunnya. "Hanya 10 persen yang bisa didaur ulang," kata Wei.

Sampah plastik bisa mencemari tanah dan air, mengancam ekosistem laut, dan busa polysterine seperti styrofoam membutuhkan satu juta tahun untuk bisa terurai. Tim saat ini sedang meneliti apa yang terjadi pada hewan atau makhluk lain yang memakan larva pemakan styrofoam ini.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES