Selasa , 24 March 2015, 09:32 WIB

Pakistan Siapkan Rudal Khusus untuk India

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Indah Wulandari
AFP
Rudal Pakistan yang berhasil diluncurkan berkekuatan nuklir
Rudal Pakistan yang berhasil diluncurkan berkekuatan nuklir

REPUBLIKA.CO.ID,ISLAMABAD -- Pakistan berencana mengembangkan senjata nuklir jarak dekat.

Penasehat Komando Otoritas Nasional Pakistan Khalid Kidwai mengatakan, pihaknya akan membangun senjata taktis dalam bentuk rudal Nasr yang memiliki 37 mil atau 60 kilometer.

Hal itu dilakukan sebagai tanggapan kekhawatiran bila India bisa mengobarkan perang konvensional terhadap negaranya. Namun, kata dia, Pakistan tidak akan mengambil resiko pembalasan dengan senjata nuklir yang lebih besar.

Ia menjelaskan, persediaan rudal Pakistan yang ada adalah rudal Shaheen-III yang diuji tembak bulan ini. Rudal tersebut memiliki jangkauan hingga 1700 mil (2.750 km). Itu artinya, rudal mampu menjangkau setiap bagian dari India dan berpotensi mencapai ke Timur Tengah, termasuk Israel.

The Associated Press melansir, Pakistan menginginkan rudal di kisaran tersebut karena menduga bila India tengah mengembangkan basis strategis di pulau Andaman dan Nicobar, di Teluk Benggala.

Ia menegaskan bila program nuklir dan rudal milik negaranya adalah spesifik untuk India dan tidak ditujukan pada negara-negara lain.

Kedua negara tersebut setidaknya dua kali terlibat perang besar. Pada 1999 lalu, militer Pakistan menyusup ke wilayah India yang disebut Kargil dan memicu pertempuran yang menewaskan ratusan orang dari kedua belah pihak.

Pada 2008, militan yang berbasis di Pakistan menyerang pusat komersial India dan Mumbai yang menewaskan 164 orang.