Jumat, 5 Syawwal 1435 / 01 Agustus 2014
find us on : 
  Login |  Register

Topan Fitow Hantam Wilayah Timur Cina

Senin, 07 Oktober 2013, 10:03 WIB
Komentar : 0
AP
Angin Topan (ilustrasi)
Angin Topan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, FUJIAN -- Topan Fitow menghantam wilayah di timur Cina. Dengan kekuatan angin mencapai 151 km/jam, topan mendarat di provinsi Fujian pada Senin pagi (7/10), membuat hujan lebat dan pemadaman listrik.

Sejumlah rumah dilaporkan ambruk di provinsi Zhejiang dan dua pekerja pelabuhan hilang. Otoritas mengeluarkan peringatan tertinggi untuk wilayah tersebut.

Topan Fitow sampai ke wilayah daratan sekitar pukul 01.15 pada Senin waktu setempat di kota Fuding. Meteorologis Cina memperingatkan sejumlah wilayah di Fujian dan Zhejiang akan terdapat hujan deras lebih dari 200 mm.

Di Fujian, 177 ribu orang dievakuasi sebelum badai menghantam perairan. Di Zhejiang, sekitar 574 ribu orang mengungsi. Sementara, 35 ribu kapal di Zhejiang dan 30 ribu kapal di Fujian diperintahkan kembali ke pelabuhan. "Kita tidak boleh membahayakan mereka," ujar Gubernur Zhejiang, Li Qiang dikutip BBC, Senin (7/10).

Puluhan penerbangan dari dan ke Bandara Whenzhou di Zhejiang dibatalkan. Badai bergerak ke utara-selatan dan diprediksi melemah dengan cepat. Topan Fitow datang setelah Topan Usagi menewaskan sedikitnya 25 orang di selatan provinsi Guangdong, Cina.

Reporter : Nur Aini
Redaktur : Karta Raharja Ucu
Rasulullah SAW bersabda:"Barangsiapa yang berwudhu lalu menyempurnakannya, lunturlah dosa-dosanya hingga keluar dari bawah kuku-kukunya."( HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Tren Arus Mudik Saat Arus Balik di Pasar Senen
 JAKARTA -- Pada H+3 Stasiun Pasar Senen tak hanya menerima arus balik. Geliat arus mudik di Stasiun ini masih cukup tinggi. Menurut Kepala Humas...

Berita Lainnya

Sekolah Dasar Dibom, Belasan Murid Tewas

Bocah 9 Tahun Terbang ke Vegas Tanpa Tiket