Saturday, 8 Jumadil Akhir 1439 / 24 February 2018

Saturday, 8 Jumadil Akhir 1439 / 24 February 2018

Topan Fitow Hantam Wilayah Timur Cina

Senin 07 October 2013 10:03 WIB

Rep: Nur Aini/ Red: Karta Raharja Ucu

Angin Topan (ilustrasi)

Angin Topan (ilustrasi)

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, FUJIAN -- Topan Fitow menghantam wilayah di timur Cina. Dengan kekuatan angin mencapai 151 km/jam, topan mendarat di provinsi Fujian pada Senin pagi (7/10), membuat hujan lebat dan pemadaman listrik.

Sejumlah rumah dilaporkan ambruk di provinsi Zhejiang dan dua pekerja pelabuhan hilang. Otoritas mengeluarkan peringatan tertinggi untuk wilayah tersebut.

Topan Fitow sampai ke wilayah daratan sekitar pukul 01.15 pada Senin waktu setempat di kota Fuding. Meteorologis Cina memperingatkan sejumlah wilayah di Fujian dan Zhejiang akan terdapat hujan deras lebih dari 200 mm.

Di Fujian, 177 ribu orang dievakuasi sebelum badai menghantam perairan. Di Zhejiang, sekitar 574 ribu orang mengungsi. Sementara, 35 ribu kapal di Zhejiang dan 30 ribu kapal di Fujian diperintahkan kembali ke pelabuhan. "Kita tidak boleh membahayakan mereka," ujar Gubernur Zhejiang, Li Qiang dikutip BBC, Senin (7/10).

Puluhan penerbangan dari dan ke Bandara Whenzhou di Zhejiang dibatalkan. Badai bergerak ke utara-selatan dan diprediksi melemah dengan cepat. Topan Fitow datang setelah Topan Usagi menewaskan sedikitnya 25 orang di selatan provinsi Guangdong, Cina.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES