Selasa, 09 Juli 2013, 22:02 WIB

John McCain Tekankan Penangguhan Bantuan AS untuk Mesir

Red: Citra Listya Rini
history.howstuffworks.com
Senator partai republik AS John McCain
Senator partai republik AS John McCain

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Senator Amerika Serikat (AS) John McCain menekan negaranya menangguhkan bantuan tahunan senilai 1,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp 15 triliun untuk Mesir. Ia juga menyatakan penggulingan Presiden Mesir Muhammad Mursi tampak sebagai kudeta pimpinan tentara.

McCain mengerti bahwa penggulingan Mursi dilakukan dengan dukungan masyarakat luas dan akhirnya mengarah ke pemerintahan warga yang lebih mewakili.

Tapi, saat Washington membantah tentang cara menanggapi peristiwa di Mesir, McCain dalam pernyataan mengatakan bahwa hukum AS melarang bantuan luar negeri ke negara tempat terjadi kudeta tentara terhadap pemerintah terpilih.

"Sulit bagi saya menyimpulkan bahwa yang terjadi bukan kudeta, tempat tentara memainkan peran menentukan," ujar McCain, anggota utama panitia Dinas Bersenjata Senat dan suara terkemuka kongres dalam urusan luar negeri.

"Saya tidak ingin menangguhkan bantuan penting kita ke Mesir, tapi saya percaya bahwa itu adalah hal benar untuk dilakukan pada saat ini," kata McCain.

McCain mulai menyerukan penghentian bantuan Mesir pada pekan lalu. Beberapa anggota lain parlemen menyatakan Washington harus menunggu dan melihat perkembangan di Mesir sebelum memutuskan yang harus dilakukan dengan bantuan itu.

Sumber : Antara
loading...