Tuesday, 11 June 2013, 11:30 WIB

In Picture: 5 Slide Intelijen Menggegerkan, Bocoran Eks Agen CIA

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Slide pertama presentasi Power Point program 'PRISM' yang diserahkan Edward Snowdern

REPUBLIKA.CO.ID, Edward Snowden telah mengungkapkan dirinya dan membocorkan data rahasia yang ia miliki ke publik sebagai whistblower NSA. Detail-detail mengenai interaksi dengan pers muncul ke permukaan.

Snowden menyerahkan presentasi dalam format Power Point kepada Guardian dan Washington Post, total berjumlah 41 slide yang berisi rincian program PRISM. Program ini disebut-sebut sebagai operasi mata-mata internet yang dibesut oleh Nationan Security Agency (NSA).

PRISM diduga memiliki akses 'pintu belakang' ke 9 server perusahaan Server Provider AS, nama-nama kakap di bidang teknologi, yakni Microsoft, Yahoo, Google, Facebook, PalTalk, AOL, Skype, YouTube dan Apple dan mencegat lalu lintas data global yang melewati server itu untuk keperluan intelijen.

Sembilan perusahaan tersebut langsung membantah sejak laporan pertama mengenai pembocoran tersebut turun. Bantahan itu dibalas Guardian dengan menampilkan slide ke-8, untuk memperkuat klaim dalam beritanya.

Hanya saja sejauh ini masih lima slide yang telah dipublikasikan, sementara 36 sisanya masih misteri. Kedua wartawan dari Guardian dan Washington Post yang dihubungi Snowden menyebut isi presentasi itu berpotensi menjadi bom.

Menganalisa gambar slide di atas, memunculkan dugaan ada kemungkinan arus lalu-lintas data pribadi dan percakapan via internet di Indonesia ikut disadap dan dicegat oleh PRISM