Ahad, 10 Maret 2013, 08:52 WIB

Kematian Chavez Tak Lemahkan Hubungan Iran-Amerika Latin

Rep: RR Laeny Sulistywati/ Red: Yudha Manggala P Putra
Bebeto Matthews/AP
Ahmadinejad
Ahmadinejad

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menekankan bahwa kematian Presiden Venezuela Hugo Chavez tidak akan membuat hubungan antara Teheran dan negara-negara Amerika Latin melemah.

Ahmadinejad memberi pernyataan itu, Sabtu (9/3), setelah tiba dari kunjungannya menghadiri pemakaman Chavez di Caracas, Venezuela.

‘’Bangsa Iran memiliki ikatan yang kuat dengan negara-negara revolusioner (Amerika Latin), dan membantu kita memperkuat ikatan. Sehingga tidak ada yang bisa membayangkan bahwa ruang kosong akan terjadi dalam hubungan kami karena kematian Chavez,’’ kata Ahmadinejad seperti dikutip dari kantor berita Iran FARS, Ahad (10/3).

Dia mengatakan Chavez adalah pendukung kuat dari pemimpin revolusioner, dan para pemimpin revolusioner yang berkumpul di Caracas bersumpah untuk melanjutkan kebijakan Chavez.

Ahmadinejad berada di Caracas bersama dengan delegasi pejabat kabinetnya untuk menghadiri upacara pemakaman, Chavez, Jumat (8/3) malam. Chavez meninggal di sebuah rumah sakit di Caracas, Selasa (5/3) akibat kanker.